Kopi merupakan salah satu minuman yang populer. Banyak orang yang menyukai kopi baik dikonsumsi sendiri ataupun dicampur dengan susu. Kopi tak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh karena adanya antioksidan.

Kandungan antioksidan dalam kopi berasal dari asam klorogenat (CGA). Kandungan ini bisa bermanfaat untuk kesehatan, seperti obesitas. CGA dapat meningkatkan resistensi insulin dan hati berlemak.

"Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular," kata Yongjie Ma, penulis studi utama dan rekan penelitian pasca-doktoral di Fakultas Farmasi Universitas Georgia, seperti dikutip dari Medical Daily (8/7/2020).

Baca Juga: Benarkah Kopi Bisa Lindung Tubuh dari Penyakit Diabetes? Ini Jawaban Ahli

Baca Juga: Minum Kopi di Pagi Hari Bikin Tubuh Dehidrasi, Benarkah Begitu?

"Studi kami memperluas penelitian ini dengan melihat manfaat yang terkait dengan senyawa spesifik ini, yang ditemukan dalam jumlah besar kopi, tetapi juga dalam buah-buahan dan sayuran lain seperti apel, pir, tomat, dan blueberry," sambungnya.

Diterbitkan dalam jurnal Pharmaceutical Research, studi yang dilakukan oleh Yongjie Ma mengungkapkan CGA bisa mencegah kenaikan berat badan, dan mempertahankan gula darah dan hati yang sehat. Selain menjadi antioksidan, CGA bertindak sebagai anti-inflamasi. Jika CGA dapat mengurangi peradangan, ini dapat mengimbangi efek samping negatif dari kenaikan berat badan ini.

Meski begitu, Yongjie Ma dan timnya perlu melakukan penelitian lebih lanjut. Namun, hingga kini kopi diketahui bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas.