Hallo, Beauty! Untuk kamu yang memiliki masalah pada kulit wajah seperti jerawat pasti udah enggak asing lagi deh sama bekas jerawat. Ketika jerawat pada kulit wajah pada proses penyembuhan, sel-sel kulit pada wajah kita akan kembali terbentuk. Dari proses inilah muncul bekas jerawat yang biasanya bisa berwarna kehitaman atau kemerahan.

Tapi kalian tau nggak kalau ternyata untuk menyembuhkan bekas jerawat hitam dan merah ini memiliki bahan-bahan yang berbeda. Nah, untuk kamu yang ingin tahu bahan-bahan apa saja yang bisa kita gunakan, HerStory udah merangkum (08/07/2020) khusus untuk kamu, yuk lihat!

Bahan untuk Mengobati Bekas Jerawat Kehitaman

Baca Juga: Masih Muda tapi Udah Banyak Kerutan di Dahi? Begini Lho Cara Mencegahnya!

Baca Juga: Wadaw! Pakai Sunscreen Bikin Nggak Bisa Make Up? Coba yang Mengandung ini..

Lidah Buaya

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengobati bekas jerawat kehitaman adalah lidah buaya. Kalian pasti udah tahu kalau lidah buaya itu kaya dengan kandungan aloin yang dipercaya bisa memudarkan bekas jerawat. Selain itu, kandungan ini juga bisa membuat area gelap di wajahmu menjadi lebih cerah apalagi kalau bekas jerawat kehitaman.

Madu

Selain sering digunakan untuk memaniskan makanan, madu ternyata juga punya manfaat untuk kulit wajah kita lho, seperti mempercepat penyembuhan luka dan mencegah potensi terbentuknya jaringan parut pada luka. Kalau kamu ingin memudarkan bekas jerawat kehitamaan kamu bisa menggunakan madu untuk masker wajah.

Baca Juga: Atasi Kulit Kering dengan 5 Masker Buah Alami Ini, Perawatan Akhir Pekan yang Super Murah!

Baca Juga: Uhuy! Begini Caranya Selalu Instagramable..

Sunscreen

Nah, Beauty, sebelum kamu menggunakan bahan-bahan yang lain akan lebih baik jika kamu menggunakan sunscreen terlebih dahulu ya. Gunakanlah sunscreen yang memiliki SPF 30 setiap harinya, karena dengan menggunakan cara ini dipercaya bisa mencegah terjadinya kerusakan kulit yang lebih parah lagi.

Niacinamide

Produk ini memiliki kandungan vitamin B3 yang memiliki manfaat untuk menutrisi kulit wajah secara menyeluruh. Jadi, bekas jerawat yang membuat dark spot karena hiperpigmentasi pasca inflamasi bisa kamu atasi dengan produk ini.

Bahan untuk Mengobati Bekas Jerawat Kemerahan

Green Tea

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah wajahmu adalah green tea. Green tea sendiri bisa membantu kamu untuk meredakan jerawat yang kemerahan. Karena bahan ini memiliki kandungan katekin dan proanthocyanidins yang dapat membantu wajah kamu melawan bakteri jahat yang bisa menyebabkan jerawat di wajah dan juga melindungi kulit dari kerusakan karena radikal bebas. Kamu bisa menggunakan bahan ini sebagai masker dan gunakan secara rutin untuk membantu masalah wajahmu.

Tea Tree Oil

Nah, kalau untuk bahan ini memiliki kandungan antiseptic dan antibakteri yang enggak hanya bisa meredakan jerawat tapi dipercaya bisa membantu kamu untuk menyembuhkan bekas jerawat. Kamu bisa menggunakan berbagai macam produk kecantikan yang mengandung tea tree oil untuk membantu mengobati bekas jerawat kemerahan.

Grapeseed Oil

Bahan selanjutnya adalah grapeseed oil karena bahan ini bisa menghidrasi kulit wajah kamu dan juga membersihkan pori-pori hingga mempercepat proses penyembuhan, jadi bisa banget kamu gunakan untuk menyamarkan bekas jerawat kemerahan di wajahmu.

Salicylic Acid

Untuk bahan yang satu ini memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu kamu menenangkan kondisi jerawat yang sedang memerah. Lalu, asam salisilat juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Untuk kamu yang menggunakan produk kecantikan dengan bahan ini kamu harus memastikan kalau kulit wajah kamu tetap terjaga kelembapannya ya.