Kanker mulut merupakan kanker yang terjadi pada jaringan dinding mulut, bibir, lidah, gusi, atau langit-langit. Kanker mulut juga dapat terjadi pada jaringan di tenggorokan (faring) dan kelenjar ludah. Beauty, kamu memang mungkin sudah enggak asing lagi dengan penyakit kanker mulut, tapi kamu tahu enggak apa saja gejalanya?

Gejala umum kanker mulut antara lain radang sariawan, benjolan yang muncul tanpa alasan, benjolan yang enggak hilang, kesulitan menelan, penurunan berat badan, pendarahan, dan lainnya. Nah, apa kamu sudah tahu kalau bau mulu ternyata menjadi pertanda seseorang menderita kanker mulut?

Seperti dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (8/7/2020), banyak gejala umum kanker mulut yang bisa disebabkan oleh kondisi medis ringan, seperti infeksi. Nah, satu tanda peringatan kanker umum yang mudah dikaitan dengan penyebab yang engga serius adalah bau mulut.

Baca Juga: Hati-hati! Sulit Menelan Makanan Bisa Jadi Gejala Kamu Menderita Kanker Paru-paru Lho!

Baca Juga: Bahaya! Inflamasi pada Tubuh Bisa Picu Kanker Lho

"Itu sebabnya kamu harus melaporkan perubahan apapun yang terjadi di mulut dan bila kondisi itu enggak membaik setelah tiga minggu," kata NHS.

Perlu diketahui, menurut Cancer Research UK, kebanyakan orang yang mengalami bau mulut itu bukan berarti dia menderita kanker mulut. Tapi, kanker mulut juga bisa menyebabkan bau mulut yang lebih buruk dan sering terjadi. Nah, tanda itulah yang perlu kamu waspadai.

Selalu jaga kesehatanmu, ya, Beauty!