Beauty, apakah kamu tahu bahwa 60 persen bagian dari tubuh manusia adalah air? Dengan begitu, air jadi salah satu komponen penting untuk tubuh. Baik air dingin atau air hangat, apakah kamu sudah mengonsumsi air dengan cukup per hari?

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa minum air hangat saat perut kosong di pagi hari bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Air yang mengandung lemon, misalnya, mengurangi radikal bebas dan membantu berbagai organ berfungsi dengan baik.

Kamu harus minum setidaknya delapan ons air per hari. Memulai dan mengakhiri hari dengan minuman hangat diketahui dapat meningkatkan kondisi kesehatanmu lho. Enggak hanya itu, berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan saat mengonsumsi air hangat:

Baca Juga: Benarkah Minum Air Hangat Bisa Turunkan Berat Badan?

Baca Juga: Beauty Merapat! Ini Lho 4 Kebiasaan Rutin di Pagi Hari untuk Diet Sehat, Mau Coba?

Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan kondisi yang membuat tubuh tak nyaman karena memiliki efek iritasi. Sembelit adalah masalah perut umum yang disebabkan oleh sedikit atau tidak adanya pergerakan usus dan disebabkan oleh kurangnya air dalam tubuh. Ahli gizi klinis dan pakar kesehatan dalam Ilmu Pangan dan Gizi di Stella Metsovas mengatakan wanita rentan terhadap ketidakseimbangan hormon, yang memiliki efek samping konstipasi atau sembelit. Minum air hangat di pagi hari diketahui bisa mengurangi risiko sembelit.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat minur air hangat selanjutnya adalah meningkatkan sirkulasi dara. Deposit lemak yang terakumulasi dalam sistem saraf bisa hilang dengan minum segelas air hangat. Hal ini bisa mengeluarkan racun dan meningkatkan sirkulasi darah di tubuh dan melonggarkan jaringan otot.

Menurunkan Berat Badan

Apakah kamu sedang ingin menurunkan berat badan? Jika iya, coba rutin konsumsi air hangat ya! Minum air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Artinya, minum air hangat bisa membakar lebih banyak kalori.

Coba kombinasikan air hangat dengan lemon untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Serat pektik dalam lemon bisa mengendalikan keinginan makan seseorang, membuat nafsu makan jadi lebih sedikit. Selain itu, pektik juga daoat memecah jaringan adiposa membuat berat badan tubuh berkurang. Minum ini di pagi hari sangat dianjurkan oleh dokter.

Baca Juga: Serem! Akibat Jarang Meminum Air Putih dan Nggak Sarapan Seorang Wanita Terkena Batu Empedu! Kok Bisa Ya?

Baca Juga: Muncul Kabar Soal Minum Air Setiap 15 Menit Bisa Meluruhkan Virus Corona! Benar Enggak Sih? Ini Jawabannya...

Menenangkan Kram Perut

Terapi air hangat juga diketahui dapat mengurangi nyeri rahim yang disebabkan oleh kram menstruasi. Air hangat dapat meningkatkan sirkulasi kapiler dan mengendurkan otot perut dan rahim. Nyeri ini disebabkan oleh jaringan otot yang stres karena kontraksi periode. Minum air hangat mengurangi risiko mengalami nyeri haid.

Mencegah Penuaan Dini

Menurut Life Hack, penumpukan racun dalam tubuh membuat seseorang menua lebih cepat. Itu juga membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Air hangat mengeluarkan racun-racun ini dari dalam tubuh dan memperbaiki sel-sel kulit. Hasilnya, kulit jadi lebih elastis dan bebas dari tanda-tanda penuaan.

Mempengaruhi Kualitas Tidur

Kamu sering kesulitan tidur? Coba deh minum air hangat. Pasalnya minum air hangat sebelum tidur bisa menenangkan saraf dan membuat tubuh merasa rileks. Minum air hangat dapat menginduksi tidur dan menghentikan keinginan terbangun di tengah malam. Mungkin kamu akan bangun dengan perut kosong, tetapi ini akan membuat tubuh merasa segar dan muda di pagi hari.