Beauty, alat kontrasepsi merupakan alat yang bisa menahan sprema dari pembuahan dan masuk ke sel telur. Biasanya, alat kontrasepsi digunakan oleh para wanita yang sudah tak ingin memiliki anak terlalu banyak. Untuk itu, alat kontrasepsi adalah salah satu cara untuk menahan terjadinya pembuahan.

Meskipun begitu tak sedikit wanita yang takut menggunakan alat kontrasepsi. Banyak isu dan informasi yang tak sesuai dengan fakta alias mitos, sehingga mitos tersebut ditanamkan di benak pikiran wanita. Merangkum dari berbagai sumber, (9/7/2020) kira-kira mitos apa saja ya yang sering ditakutkan oleh para wanita? Langsung deh simak ya!

Memakai Pil KB enggak bikin gemuk

Banyak beredar mitos kalau menggunakan pil KB itu bikin gemuk. Itu salah Beauty! Semua tergantung pada tubuh masing-masing. Jika kamu menjalankan pola hidup sehat, maka enggak akan deh kamu gemuk walaupun menggunakan pil KB. Pil KB tak membuat gemuk dan bagus untuk kulit. Untuk itu, penting berkonsultasi pada dokter untuk melihat kandungan hormon pada pil.

Baca Juga: Waduh! Angka Positif Corona Terus Bertambah, Ini 5 Mitos yang Berbahaya Soal Covid-19!

Baca Juga: Waduh! Bayi Ini Lahir Sambil Pegang Alat Kontrasepsi Ibunya

Memakai kontrasepsi enggak bikin jerawatan

Pil KB mengandung hormon progesteron yang mampu mengurangi kelebihan hormon androgen dalam tubuh wanita. Hormon androgen merupakan salah satu faktor penyebab wanita jerawatan dan memiliki bulu-bulu halus yang sangat banyak.

Untuk itu, wanita yang gampang banget jerawatan karena kelebihan hormon androgen, justru pil KB bisa meredakan jerawat. Sebab dengan pil KB kombinasi yang di dalamnya terdapat kandungan hormon progestin, mampu mengatasi reseptor androgen dan jerawat pun enggak akan muncul.

Memakai kontrasepsi masih bisa menyusui anak

Bagi wanita yang takut tak bisa menyusui karena alat kontrasepsi, enggak usah khawatir ya! Kamu masih bisa menyusui anak kamu. Sebab ada dua bentuk dalam pil KB, yakni progesterol dan estrogen.

Nah, kamu bisa gunakan yang mengandung progesterol jika sedang menyusui. Karena hanya bentuk estrogen yang mampu memengaruhi ASI.

Baca Juga: Alat Kontrasepsi pada Wanita bisa Membuat Badan Menjadi Gemuk? Masa Sih?

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Wanita Harus Tetap Menggunakan Alat Kontrasepsi Meski Alami Masalah Kesuburuan!

Masih bisa punya anak 

Setelah menghentikan pemakaian semua alat kontrasepsi dan berkonsultasi dengan dokter, kamu juga bisa merencanakan program bayi. Alat kontrasepsi itu bukanlah hal yang membuat kamu supaya permanen tak hamil, itu hanya berfungsi saat digunakan.

Semoga bermanfaat ya!