Beauty, suasana hati atau mood memang sangat penting untuk dijaga. Pasalnya, jika mood sedang buruk (bad mood), semangat pun ikut menurun sehingga menurunkan kinerja tubuh. Enggak heran deh, kalau banyak orang yang rela melakukan apapun demi menjaga moodnya.

Nah, apakah kamu sering dilanda badmood? Kini enggak usah khawatir lagi ya! Ternyata makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi mood lho. Untuk itu, saat mood sudah mulai menurun, kamu bisa konsumsi makanan berikut:

Cokelat Hitam

Jika kamu dilanda bad mood, coba deh konsumsi cokelat hitam. Kandungn kafein dan theobromine di dalam cokelat hitam bisa membuat perasaan jadi senang. Senyawa lain yang disebut N-acylethanolamine dengan cannabinoids juga diketahui bisa yang meningkatkan mood. Cokelat hitam mengandung flavonoid yang meningkatkan kesehatan otak dengan mengatur aliran darah di otak, yang juga mengurangi peradangan.

Baca Juga: Bertarung dengan Kesibukan? Inilah 10 Menu Makanan Murah dan Mudah Buat Working Moms!

Baca Juga: Enak Banget! 9 Macam Sambal Ini Harus Moms Coba di Rumah, Bikin Ngeces...

Buah Beri

Buah-buahan mengandung antioksidan dan senyawa fenolik yang membantu mengalahkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh. Anthocyanin adalah jenis flavonoid yang ada dalam buah beri. Menurut penelitian konsumsi makanan yang dipenuhi dengan anthocyanin membantu menurunkan depresi.

Gandum atau Oat

Gandum atau oat yang diisi dengan serat bisa menjaga tingkat energi dengan membiarkan karbohidrat mengalir perlahan ke aliran darah. Satu cangkir gandum mentah mengandung sekitar 8 gram serat. Dengan menjaga kadar gula darah stabil, itu bisa berguna mencegah perubahan suasana hati yang tidak terduga. Menurut sebuah penelitian, orang yang rutin makan gandum saat sarapan pasti merasakan manfaat bagi kesehatan mentalnya.

Ikan Salmon dan Tuna

Ikan Salmon dan tuna adalah sumber makanan yang kaya asam lemak omega-3 dan vitamin D. Kedua kandungan ini berpotensi menurunkan depresi karena dapat menghasilkan serotonin yang sangat penting untuk mengelola suasana hati.

Pisang

Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang dapat membantu memproduksi dopamin dan serotonin, yang merupakan neurotransmiter utama untuk menjaga suasana hati seseorang. Pisang mengandung serat dan gula, karenanya gula dilepaskan lebih lambat ke dalam aliran darah, membantu mengatur perubahan suasana hati yang dicelupkan dengan gula darah rendah.

Baca Juga: Bingung Ingin Membuat Kreasi Sarapan dari Roti? Coba Dijadikan 5 Menu ini Yuk!

Baca Juga: Katanya, 4 Makanan Ini Bisa Ngurangi Mata Minus Lho, Mau Coba?

Kopi

Kandungan kafein dalam kopi mencegah adenosin membentuk koneksi ke reseptor otak. Kopi meningkatkan produksi neurotransmiter rasa-baik seperti dopamin dan norepinefrin.