Beauty, kamu harus tahu nih. Sebuah penelitian baru melakukan pengujian air garam yang dikatakan bermanfaat untuk mengurangi gejala awal dan perkembangan virus corona. Lantas bagaimana hasilnya?

Para ilmuwan dari Universitas Edinburgh percaya bahwa garam laut dapat meningkatkan pertahanan antivirus sel-sel yang menyerang ketika tubuh terkena flu. Studi baru ini didasarkan pada uji coba yang dilakukan pada tahun 2019 lalu, di dalamnya mengungkapkan manfaat berkumur air garam dapat membersihkan hidung serta meringankan batuk.

Dengan begitu, kini para peneliti sekarang akan menyelidiki apakah air garam bisa jadi solusi yang sama bermanfaatnya bagi pasien Covid-19. Para ilmuwan mengajak masyarakat dewasa di Skotlandia untuk ikut andil dalam uji coba.

Profesor Aziz Sheikh selaku direktur Universitas Usher Institute, pun memiliki harapan terhadap penelitian ini agar bisa berguna untuk menghempaskan virus corona.

Baca Juga: Terkait Obat Herbal Corona Hadi Pranoto, Ini Tanggapan Kemenkes

Baca Juga: Waduh! Terkait Obat Herbal Corona, Anji dan Hadi Pranoto Resmi Dipolisikan

"Kami sekarang sedang mencoba untuk menguji intervensi air asin kepada mereka yang diduga atau dikonfirmasi terinfeksi Covid-19, dan berharap itu (air garam) akan terbukti menjadi langkah yang berguna untuk mengurangi dampak dan penyebaran infeksi," ujarnya seperti dikutip dari The Sun (9/7/2020).

"Ini hanya membutuhkan garam, air dan beberapa pemahaman prosedur lain. Sehingga jika terbukti efektif, ini merupakan langkah mudah dan murah untuk diterapkan secara luas," sambungnya.