Beauty, kamu sudah tahu kabar soal air garam bisa menangkal virus corona? Sebuah penelitian baru melakukan pengujian air garam yang bermanfaat untuk mengurasi gejala awal virus corona. Benarkah begitu?

Katanya, virus corona sebelum sampai paru-paru akan tetap berada di tenggorokan selama empat hari dan pada saat itu penderita virus corona mulai batuk dan sakit tenggorokan. Nah, jika banyak minum air putih dan berkumur dengan air hangat dan garam atau cuka, maka virus akan menghilang. 

Dikutip dari laman resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis (9/7/2020), informasi air hangat dan garam efektif untuk menghilangkan virus corona adalah hoaks atau enggak benar. WHO menegaskan bahwa enggak ada bukti berkumur dengan air garam bisa melindungi diri dari bahaya virus corona.

Baca Juga: Hadi Pranoto Klaim Temukan Obat Virus Corona, IDI: Obat Apapun Harus Ada Pembuktian Ilmiah!

Baca Juga: Wow, Tambah 1.815 Kasus Positif Corona Per 5 Agustus 2020! Ini 5 Provinsi yang Sumbang Angka Tertinggi...

Sama halnya dengan dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada, dr. Agit Sena Adisetiadi yang mengatakan bahwa enggak ada bukti medis yang menjelaskan bahwa berkumur air garam bisa membunuh virus corona.

"Enggak ada bukti medis yang menjelaskan bahwa hal tersebut dapat membantu mencegah Covid-19," kata dr. Agit Sena Adisetiadi.

Beauty, untuk melindungi diri dari bahaya virus corona kamu harus terus mematuhi protokol kesehatan. WHO juga terus menyarankan untuk selalu menggunakan masker apabila keluar rumah dan selalu menjaga jarak fisik. Enggak lupa untuk selalu rajin mencuci tangan. 

Selalu jaga kesehatan, ya, Beauty!

Baca Juga: Soal Obat Herbal Corona Hadi Pranoto, Kemenristek: Dia Bukan Anggota Penelitian Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19

Baca Juga: Wah, Kemenkes Jelaskan 4 Tahap Uji Klinis Vaksin Virus Corona! Apa Saja Ya?