Menu

Si Kecil Jadi Rewel Gegara Sariawan? Begini Moms Cara Mengatasinya

14 Februari 2022 16:30 WIB
Si Kecil Jadi Rewel Gegara Sariawan? Begini Moms Cara Mengatasinya

Ilustrasi sariawan. (Freepik/yoyoherp)

HerStory, Bekasi —

Sariawan gak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi anak-anak dan bayi juga bisa mengalami sariawan. Ketika sariawan, anak-ank cenderung gak nafsu makan karena rasa perih dan gak nyaman saat mengunyah sesuatu. Alhasil, anak-anak pun jadi lebih rewel ketika sariawan.

Sariawan sendiri bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau jamur, luka pada mulut akibat gak sengaja menggigit lidah, hingga kekurangan vitamin dan mineral tertentu. Gak perlu khawatir Moms jika si kecil sariawan, karena pada dasarnya sariawan dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu. 

Namun, gak ada salahnya jika Moms mencoba mengobati sariawan yang terjadi pada si kecil dengan cara berikut ini, sebagaimana dilansir dari beberapa sumber.

Berkumur air garam

Kandungan antiseptik yang terdapat dalam larutan air garam bisa membersihkan dan menenangkan bagian mulut yang terluka, termasuk menyembuhkan sariawan. Caranya dengan melarutkan setengah sendok teh garam ke gelas berisi air hangat, dan minta si kecil berkumur selaa 15-30 detik. 

Minum air putih 

Minum air putih yang banyak dapat membantu mengatasi sariawan yang terjadi pada si kecil. Selain itu, minum air putih juga menjaga mulut anak tetap dalam keadaan lembab dan gak perih.

Konsumsi Vitamin C

Vitamin C dikenal mampu untuk mengobati sariawan. Moms bisa memberikan anak buah yang kaya akan kandungan vitamin C seperti apel, jeruk, pepaya, dan stroberi.

Baca Juga: Gak Bisa Makan Enak Gegara Sariawan? Segera Atasi dengan 5 Bahan Alami Ini Moms, Semuanya Ada di Dapur, Mantab!

Baca Juga: Waduh, Sariawan Ternyata Bisa Jadi Salah Satu Tanda Kanker Mulut, Gimana Cara Mencegahnya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya