Beauty, belakangan ini produk skincare asal Korea bernama 'Kojic' ini sedang tren dikalangan masyarakat. Skincare yang mengandung asam kojic sedang banyak digemari, karena terbukti ampuh mengatasi beberapa masalah pada kulit wajah. Nah Beauty, sebelum kamu mencobanya ada baiknya kamu simak khasiatnya dulu yuk! HerStory telah merangkumnya dilansir dari berbagai sumber, Kamis (9/7/2020). Simak terus ulasan berikut ini ya, Beauty!

Mencerahkan secara alami

Asam kojic bekerja secara perlahan dalam sel kulit manusia. Aturan pemakaiannya pun gak sembarangan, menurut Cosmetic Ingedient Review Expert Panel produk skincare yang mengandung asam kojic dinyatakan aman digunakan jika kandungannya di bawah 1 persen saja. Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, asam kojic menghambat produksi melanin sehingga warna kulit jadi lebih cerah. Senyawa ini juga bisa menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat jika rutin digunakan, lho!

Memiliki khasiat anti aging

Ini dia khasiat asam kojic yang gak kalah penting untuk kesehatan kulit wajah, yaitu sifat anti aging. Gak mau, kan punya kulit wajah yang kusam dan berkerut di usia muda? Asam kojic membantu menyamarkan noda hitam dan kerutan pada wajah secara perlahan. Sifat anti oksidannya memang tergolong lemah, namun cukup ampuh mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Baca Juga: Wadaw! Pakai Sunscreen Bikin Nggak Bisa Make Up? Coba yang Mengandung ini..

Baca Juga: Hits Banget di TikTok! 5 Produk Skincare Ini Banyak Diburu Kaum Hawa

Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang menjadi lebih gelap karena produksi melanin berlebih. Ada beberapa penyebab, di antaranya adalah terlalu lama terpapar sinar matahari, kondisi hormonal, hingga efek samping mengonsumsi obat tertentu. Asam kojic dalam produk skincare berfungsi menghambat pembentukan tirosin, asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin. Melanin sendiri adalah pigmen atau zat warna gelap pada tubuh manusia, bisa ditemukan di kulit, rambut, dan mata.

Berfungsi sebagai anti jamur

Selain sifat anti bakteri, asam kojic juga memiliki sifat anti jamur. Dua khasiat ini bagus untuk kulit wajah, bisa mempercepat penyembuhan kulit setelah munculnya jerawat. Namun perlu diperhatikan, aktivitas asam kojic bergantung pada jenis kulit. Pada kulit berminyak, biasanya memakan waktu lebih lama untuk melihat khasiat asam kojic.

Mengatasi lingkaran gelap di sekitar mata

Kandungan asam kojic pada skincare juga ampuh mengatasi warna gelap di sekitar mata. Jika rutin digunakan, kantung mata pun bisa ikut tersamarkan. Asam kojic banyak ditambahkan dalam produk krim mata. Biasanya dipadukan dengan asam glikolat agar kinerjanya makin optimal.

Memiliki sifat anti bakteri

Asam kojic juga memiliki sifat anti bakteri yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Aktivitas anti bakteri ini bisa mencegah timbulnya jerawat dan sumbatan pada pori.Sifat anti bakteri asam kojic memang gak terlalu tinggi. Namun saat dipadukan dengan kandungan anti bakteri lain dalam produk skincare, fungsinya jadi lebih optimal.

Baca Juga: Jadi Beauty Trend di Korea, Ini 5 Manfaat Skincare Propolis yang Perlu Kamu Tahu!

Baca Juga: Ternyata, Ini 4 Alasan Kenapa Skincare Korea Lebih Dilirik di Pasaran!