Menu

Ternyata Ini Alasan Timbul Rasa Kantuk Usai Bercinta, Pantesan Saja!

14 Februari 2022 21:20 WIB
Ternyata Ini Alasan Timbul Rasa Kantuk Usai Bercinta, Pantesan Saja!

Pasangan suami istri tengah bermesraan di ranjang. (freepik/edited by herstory)

HerStory, Bekasi —

Setelah sesi bercinta yang begitu panjang di malam hari, biasanya pasangan akan mengalami rasa kantuk yang luar biasa. Apakah kamu salah satunya? Dan mengapa hal ini dapat terjadi?

Dr Raj Dasgupta, seorang dokter spesialis tidur di University of Southern California, mengatakan, sebagian besar pasangan melakukan seks di malam hari dengan suasana kamar tidur yang dingin dan sangat nyaman untuk tidur sehingga timbul rasa kantuk.

"Namun pada mereka yang memiliki gangguan 'sleep apnea' maka kondisi pasca bercinta dapat membuat mereka lebih lelah dan sangat ngantuk," katanya dilansir Menshealth.

Menurut data yang dihimpun Klinik Cleveland, ada 22 juta orang di Amerika yang menderita gangguan tidur dengan gejala ngorok di sela-sela tidur. Selain itu, Dasgupta menambahkan ada hormon prolaktin yang diproduksi usai bercinta sehingga membuat pasangan merasa rileks dan mengantuk.

"Juga setelah ejakulasi, hormon stres kortisol menurun, sedangkan oksitosin, hormon kebahagiaan meningkat yang mempromosikan rasa rileks dan mendorong Anda untuk mengantuk dan tidur lebih nyenyak," tambah Dasgupta.

Ian Kerner, seorang psikoterapis berlisensi menambahkan, selama orgasme, baik laki-laki maupun perempuan akan memberi sensasi rileks pada otot tubuh yang membuat mereka merasa santai sehingga timbul rasa kantuk yang membawa mereka ke alam mimpi.

Baca Juga: Ssst! Wanita Harus Tahu, 3 Tanda Suami Ingin Bercinta, Jangan Ditolak Ya!

Baca Juga: Ternyata Ini Lho Alasan 'Bercinta' Sangat Menyakitkan Bagi Wanita, Working Moms Perlu Tahu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Cherryn Lagustya