Beauty, kamu pasti tahu bahwa kabarnya minum air lemon di pagi hari bisa memberikan manfaat kesehatan. Mungkin tampak konyol bahwa ramuan yang hanya terbuat dari lemon dan air bisa menjadi tren kesehatan. Tetapi, banyak yang percaya tentang manfaat minuman itu.

Lantas, apakah sebenarnya minum air lemon bermanfaat untuk kesehatan? Atau malah sebaliknya?

Ternyata, minum air lemon sudah dilakukan oleh orang-orang Romawi kuno sebagai penawar racun. Selain itu, minum air lemon juga dijadikan makanan sampingan untuk makanan laut karena dianggap melarutkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan.

Baca Juga: Rasakan Sederet Manfaat Mengonsumsi Air Lemon di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur, Bisa Dicoba Nih!

Baca Juga: Dikenal Berkhasiat, Ini 3 Manfaat Lemon untuk Rambut

Air lemon sering diklaim memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan pencernaan, meningkatkan fokus dan meningkatkan energi. Ini juga dikatakan membantu meningkatkan penurunan berat badan dan merupakan bagian populer dari banyak diet.

Melansir laman healthline (10/7/2020) air lemon merupakan minuman yang sangat rendah kalori. Karena alasan ini, minum air lemon bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi kalori dan membantu menurunkan berat badan. Beberapa bukti bahkan menunjukkan bahwa minum air lemon dapat mengurangi jumlah kalori keseluruhan yang dikonsumsi dalam makanan.

Dalam sebuah penelitian dilibatkan partisipan sebanyak 44 wanita. Dalam penelitian tersebut dibagi dua kelompok, pertama makan siang dengan minuman berkalori, kedua makan siang dengan minuman rendah kalori. Peneliti kemudian mengukur kalori yang dikonsumsi.

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa makan siang dengan meminum yang mengandung kalori seperti soda manis, susu dan jus membuat kalori tak seimbang. Total kalori yang dikonsumsi malah jadi meningkat karena kalori dari minuman. Sedangkan kelompok wanita yang makan siang dengan minuman rendah kalori, seperti air lemon justru membantu mengurangi asupan kalori.

Baca Juga: Waw! Ini 8 Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

Penelitian lain menunjukkan bahwa minum cukup air berpotensi membantu meningkatkan metabolisme. Karena efek menguntungkan potensial pada metabolisme, rasa kenyang dan hidrasi, beberapa bukti menunjukkan bahwa air (termasuk air lemon) dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa peningkatan asupan air dapat membantu merangsang penurunan berat badan, terlepas dari diet atau olahraga. Sebuah studi tahun 2009 mengukur asupan air pada 173 wanita yang kelebihan berat badan. Ditemukan bahwa asupan air yang lebih besar dikaitkan dengan kehilangan berat badan dan lemak yang lebih besar dari waktu ke waktu, terlepas dari diet atau aktivitas fisik (olahraga).

Para ahli menyarankan untuk minum secangkir air lemon hangat di pagi hari sebagai cara untuk memulihkan tubuh. Juga bermanfaat untuk minum kapan pun saat merasa ingin ngemil karena terkadang dehidrasi menimbulkan rasa lapar. Minum air setiap saat sepanjang hari bermanfaat, jadi tidak ada waktu yang tepat untuk minum air lemon.

Meskipun studi ini berfokus secara khusus pada air biasa, hasil yang sama kemungkinan besar berlaku untuk air lemon juga. Masih perlu banyak penelitian lagi dilakukan untuk memastikan apakah air lemon benar-benar bermanfaat untuk penurunan berat badan.