Menu

Catat Baik-Baik! Ini Cara Tepat Berkomunikasi yang Baik dengan Suami, Biar Enggak Salah Paham!

05 Februari 2020 12:55 WIB
Catat Baik-Baik! Ini Cara Tepat Berkomunikasi yang Baik dengan Suami, Biar Enggak Salah Paham!

Sepasang kekasih yang sedang berbincang (Unsplash/Chritin Hume)

HerStory, Jakarta —

Beauty yang sudah menikah, pastinya kamu sudah tahu dong kalau kunci utama rumah tangga yang harmonis ialah menjalin komunikasi yang baik dengan suami. Tapi, kadang sulit membangun komunikasi yang baik dalam suatu hubungan. Mungkin di antara Beauty ada yang sedang mengalaminya?

Beauty, kamu perlu keahlian khusus untuk mempertahankan komunikasi yang baik. Melansir dari laman Woman Day mungkin trik-trik berikut bisa membantumu untuk berkomunikasi dengan suami. Keep scrolling!

Ucapkan tiga mantra 'Maaf, Tolong, dan Terima Kasih'

Pakar penikahan mengatakan, enggak ada yang suka diperintah terutama oleh pasangannya sendiri. Makanya, enggak heran kalau sering terjadi keributan karena kamu menyuruh suami dan dia enggan melakukukannya. 

Beauty, coba deh kalau kamu menyuruh suami dengan menggunakan kata-kata lembut dan ucapkan 'maaf' sebelum mengatakan 'tolong' dan ucapkan 'terima kasih' setelahnya. Suamimu dengan sendirinya akan luluh dengan permintaanmu itu dan melakukannya untukmu. Secara enggak sadar, ia merasa dihormati dan dihargai walau kamu menyuruh atau meminta bantuan kepadanya.

Saat meminta bantuan, kamu bisa menyentuhnya dengan memegang tangan atau pundak dan sedikit memeluknya. Enggak cuma paham akan perintahmu, suamimu pun akan bertindak melakukannya. 

Pimpin dengan memberi contoh

Beauty, kalau kamu ingin kontribusi suami dalam mengurus pekerjaan rumah, kamu pun harus menjadi contoh untuknya. Mungkin bisa dibilang, ini cara halus daripada memerintahnya dengan menggunakan kata-kata yang bisa menimbulkan kesalahpahaman.

Misalnya, kamu ingin melihat dapurmu rapih sedangkan suami selalu saja membiarkan piring bekas makan begitu saja. Saat kamu sedang mencuci piring, coba deh panggil dia dan ajak mengobrol dalam keadaan kamu mencuci piring. Dengan begitu, secara enggak langsung dia akan melihat pekerjaanmu dan mungkin muncul niat untuk membantumu mencuci piring. Boleh dicoba Beauty!

Baca Juga: Catat Baik-Baik! Jangan Lakukan Hal Ini Agar Rumah Tanggamu Tetap Harmonis

Buat dia lebih berempati

Kunci lain untuk memiliki komunikasi yang lebih baik kepada suami ialah membuatnya lebih berempati. Saat kamu mengajak ngobrolnya ditengah kamu yang sedang sibuk mencuci piring, coba deh sisipkan kata-kata yang merujuk pada, kalau kamu enggak punya waktu bersamanya atau anak-anak ketika cucian piring atau pekerjaan rumah lainnya menumpuk.

Enggak cuma kata-kata lembut itu yang mendorong suami melihat mata-mata yang letih darimu tapi juga memungkinkan bisa menyelamatkanmu dari beban pekerjaan rumah, dalam arti lain dia akan membantumu. 

Hadiahi perilaku yang baik

Sebagai istri yang baik, tentu kamu akan menggunakan kata-kata positif untuk menjaga suatu komunikasi. 

Hadiahi suami disetiap perilaku baiknya, seperti membantu pekerjaan rumah, dengan makan malam atau menonton film berdua. Atau mungkin berikan dia kecupan manis sebagai tanda terima kasih dan rasa cintamu kepadanya.

Mudah banget kan Beauty? Dengan begitu rumah tanggamu semakin harmonis dengan komunikasi yang baik di dalamnya. 

Baca Juga: Tiati Bisa Berujung Cerai! Gini Lho Cara Perbaiki Komunikasi dengan PakSu, Dijamin Makin Lengket dan Harmonis Moms!

Baca Juga: Jangan Panik! Penghasilan Tersendat Gegara Suami Kena PHK Massal, Begini Lho Moms Cara Menyikapinya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.