Lembaga kesehatan dunia yaitu WHO mengatakan bahwa virus covid-19 bisa menular melalui udara. Menurut berbagai sumber, Anggota Tim Pakar Medi Gugus Tugas Nasional I Gusti Ngurah Kade Mahardika mengatakan bahwa penularan covid-19 engga hanya melalui benda-benda mati saja namun juga bisa melalui udara.

Namun, hal ini masih terus dikaji oleh para peneliti di dunia. Selanjutnya, Mahardika mengatakan Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana menjelaskan kalau penyebaran covid-19 bisa menular melalui udara apabila ruangan tersebut tertutup seperti bus, ruangan yang memiliki air conditioner (AC), pusat perdagangan, perkantoran dan restroran yang memiliki ventilasi ber-AC.

Menurut Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Budiman mengatakan kalau kita tetap patuh menggunakan masker dan menjaga jarak penularan tersebut masih bisa dicegah dan kemungkinannya masih kecil. Hal ini terjadi karena masker akan menampung virus yang keluar saat seseorang sedang berbicara, batuk dan bersin dari hidung atau mulut.

Baca Juga: Corona Belum Usai, Virus 'Tick-Borne' Mewabah di China, Apa Itu?

Baca Juga: Dokter: Cegukan Terus-menerus Bisa Jadi Gejala Terinfeksi Virus Corona! Beneran?

Oleh karena itu, sampai sekarang kita masih diminta oleh pemerintah untuk terus menjaga kebersihan diri sendiri seperti mencuci tangan dengan rutin menggunakan sabun dan menggunakan masker ketika beraktifitas di luar rumah.