Beauty, saling pinjam-meminjam makeup sering terjadi di kalangan wanita, baik itu ibu-ibu, ataupun para remaja. Biasanya, makeup yang sering dipinjam itu adalah lipstik. Meski dibilang wajar, tapi ternyata memiliki sisi yang bahaya untuk kesehatan kamu lho. Sebab, saling pinjam makeup mampu menularkan kamu berbagai macam penyakit dan terancam risiko terkena virus dari orang lain.

Nah, kira-kira apa saja bahaya yang akan terjadi jika kamu saling bertukar makeup? Dilansir dari berbagai sumber, Senin (13/7/2020) yuk simak ya Beauty dan harus waspada ya!

Peradangan selaput mata

Jika kamu keseringan meminjam maskara, eyeliner, dan eyeshadow kepada orang lain, mampu membuat kamu mengalami infeksi atau peradangan yang terjadi pada selaput mata. Hal ini disebabkan karena bakteri yang menempel pada kuas eyeshadow ataupun diujung pensil eyeliner. 

Tertular herpes

Dari sekarang jangan suka meminjamkan lipstik ke teman ya Beauty! Sebab kebiasaan tersebut tak bagus untuk kesehatan bibir. Menurut pakar dermatologi, Larry Beatty mengatakan jika kebiasaan ini terus dilakukan dan disepelekan dapat membuat kamu tertular virus herpes simplex tipe 1. Waduh bahaya banget lho.

Sebabkan infeksi kulit

Selanjutnya, kamu dapat terkena infeksi kulit dari hasil bertukar makeup. Sebab, kuas yang digunakan untuk meratakan bedak, di sela-selanya terdapat bakteri yang berbahaya dan bersembunyi. Apalagi jika kamu malas membersihkan kuas. Hal ini bisa sebabkan infeksi kulit atau jerawat meradang dari teman yang suka meminjam kuas kamu.

Bisa tertular HIV

Penyakit HIV juga bisa tertular saat kamu saling meminjam alat makeup, salah satunya alat cukur. Jika kamu meminjam alat cukur dari orang yang menderita HIV, maka kamu juga berisiko terkena HIV. Apalagi kamu melukai kulit yang kamu cukur sampai berdarah. HIV mampu menular melalui kontak darah atau luka yang tercemar lho. Lebih baik kamu beli sendiri dibanding meminjam ya, Beauty!

Semoga bermanfaat ya!