Beauty, enggak sedikit dari kamu yang mungkin sering menguncir atau mengikat rambut. Biasanya hal ini kamu lakukan saat berolahraga, melakukan hal-hal yang mengeluarkan banyak keringat, atau bahkan memang kamu senang terlihat lebih rapi dengan rambut yang terikat. Apalagi kamu si pemilik rambut panjang, mengikat rambut adalah solusi menata rambut yang mudah dan juga cepat.

Tapi Beauty, tahu enggak sih seringnya mengikat rambut memiliki dampak buruk lho. Apalagi kalau kamu mengikat rambut dalam keadaan basah atau saat tidur. Hal ini akan memicu kerusakan pada rambut dan efek samping bagi kesehatan.

Melansir dari laman The List, Senin (13/7/2020), berikut empat dampak buruk yang bisa terjadi kalau kamu sering mengikat rambut.

Baca Juga: Murah Meriah, 5 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat di wajah

Baca Juga: Nggak Perlu Mengeluarkan Uang Banyak, Kamu Bisa Membuat Rambut Keriting Hanya dengan Kain!

Rambut menjadi kusut

Mengikat rambut hampir setiap hari menyebabkan rambut menjadi kusut. Menurut Bosley Profesional Strength Specialist JB Shelton, rambut yang terikat terus menerus menyebabkan rambut menjadi kusut, apalagi membiarkannya saat tertidur.

Shelton menyarankan untuk menghindari kekusutan yang terjadi pada rambut ialah menyisirnya secara teratur dan menggunakan kondisioner untuk membuatnya tetap lembab dan juga halus.

Rambut menjadi patah dan rontok

Kerusakan lainnya ialah membuat rambut menjadi patah dan juga rontok. Hal ini terjadi karena rambut menjadi tegang dan membuatnya tertarik apalagi kalau mengikatnya menggunakan karet elastis.

Bahkan, dengan membuat rambut terus terikat sepanjang hari hal ini akan memicu ujung rambut menjadi bercabang. Duh... punya rambut bercabang bikin kamu tambah enggak pede bukan?

Baca Juga: 5 Masker Alami Ini Ampuh Mengencangkan Kulit Wajah, Anti Kendur dan Bikin Awet Muda Pokoknya!

Baca Juga: Beauty, Punya 3 Masalah Kulit Ini Akibat Pakai Produk Skincare? Begini Lho Cara Ampuh Mengatasinya!

Membuat kulit kepala terasa sakit

Nyeri kulit kepala menjadi salah satu efek samping dari rambut yang sering terkuncir. Dokter kulit Francesca Fusco kepada Vogue mengatakan, "Yang sakit asalah kulit dan area porifollicular kulit kepala atau wilayah di sekitar rambut, pori, atau folikel.

Fusco menjelaskan kalau enggak merawat kulit kepala dan menyisirnya setiap hari, hal ini bisa memicu mengalami sakit pada area kulit kepala. 

Rambut terikat sepanjang hari bikin migrain

Beauty, pernah enggak sih kamu merasakan sakit kepala saat rambut terikat? Yap, salah satu dampak buruk rambut yang sering terikat bagi kesehatan ialah sakit kepala. Seperti yang dilaporkan Metro, rambut yang diikat biasanya menarik sarag di sekitar kepala dan hal ini yang memicu rasa sakit kepala itu muncul.

Ahli saraf sakit kepala, dr. Wade Cooper mengatakan kepada Fox 26 Houston kalau seorang wanita melepas ikatan rambutnya setelah merasakan sakit kepala hal ini merupakan sinyal kalau saraf memicu sensitivitas otak yang membuatnya merasakan migrain atau sindrom nyeri lainnya.

Nah, mulai sekarang yuk rajin menyisir rambut dan sesekali biarkan rambut terurai, apalagi saat hendak pergi tidur. Semoga bermanfaat!