Hallo, Beauty! Ada kabar baik nih untuk kamu yang sudah lama mencari-cari obat untuk memudarkan bekas luka akibat operasi, karena sekarang sudah ada obatnya lho! Seorang anggota kelompok peneliti di Amerika Serikat menerbitkan sebuah jurnal ilmiah yang di dalamnya mengatakan bahwa dia sudah menemukan cara untuk menghilangkan bekas sayatan yang diakibatkan oleh tindakan operasi.

Dalam penelitian itu juga mengatakan bahwa obat ini bisa membuat kulit menjadi kembali mulus. Seperti yang kita ketahui, bahwa mamalia yang termasuk juga manusia enggak bisa meregerenarsi kulit dengan waktu yang singkat. Berbeda dengan reptile dan amfibi yang memiliki kekuatan untuk meregenerasi kulit.

Kemudian, peneliti tersebut mengatakan bahwa obat ini nantinya akan memanipulasi luka supaya bisa menyembuhkan dirinya dengan lebih cepat.

Baca Juga: Wadaw! Pakai Sunscreen Bikin Nggak Bisa Make Up? Coba yang Mengandung ini..

Baca Juga: Atasi Kulit Kering dengan 5 Masker Buah Alami Ini, Perawatan Akhir Pekan yang Super Murah!

Bekas luka yang permanen di tubuh manusia terjadi ketika sel yang bernama myofibroblast memperbaiki permukaan kulit yang terluka. Tetapi, karena enggak memiliki lapisan sel lemak maka ketika luka tersebut sembuh jaringan tersebut enggak menyatu lagi dengan kulit sehingga menjadi luka permanen.

Oleh karena itu, peneliti mengatakan bahwa luka permanen itu sekarang sudah bisa diatasi dengan menumbuhkan folikel rambut atau struktur kulit di mana merupakan tempat rambut akan tumbuh. Setelah itu, kulit yang baru akan secara otomatis tumbuh dengan sendirinya.

Dengan beberapa tahap penelitian, para ahli menemukan cara yaitu mengisi kulit bekas luka dengan sel lemak yang bernama adiposity. Sel ini dianggap mirip dengan kulit asli manusia yang bisa berbaur dengan luka.

Dalam penelitian para ahli sebelumnya, mereka mengatakan bahwa sel lemak dan folikel rambut berkembang secara terpisah saat regenarasi kulit sedang terjadi. Folikel rambut akan tumbuh secara lebih dulu. Dari sini peneliti melihat kalau folikel rambut membantu pertumbuhan sel lemak dalam meregenerasi kulit.

Baca Juga: Uhuy! Begini Caranya Selalu Instagramable..

Baca Juga: Biar Enggak Iritasi, Ini 6 Tips Jitu Memilih Produk Kecantikan untuk Kulit Sensitif

Meskipun penelitian ini sudah dianggap berhasil, masih ada beberapa hal yang harus dikerjakan oleh para ilmuwan ini. Yaitu menerapkan temuan mereka kepada manusia hidup karena selama ini yang mereka gunakan sebagai alat percobaan adalah tikus. Dan mereka sekali lagi menekankan bahwa mamalia enggak bisa mengkonversi myofibroblast menjadi adiposity secara biologis.

Semoga saja bisa segera digunakan oleh manusia ya, Beauty agar kecantikan kita bisa terus terjaga!