Dikejar deadline, padatnya jadwal meeting, lembur sampai malam, harus mengurus rumah, dan kesibukan lainnya terkadang bikin orang-orang yang sibuk susah mengontrol asupan makanan, Working Moms. Biasanya, mereka hanya memilih makan yang cepat dan gampang diperoleh supaya gak menyita banyak waktu. Padahal, asupan makanan sehat adalah hal yang penting untuk menunjang kesehatan manusia, mengendalikan berat badan, meningkatkan kinerja otak dan menambah tenaga seharian. Berikut adalah 5 tips harus dilakukan untuk menjaga kesehatan orang-orang sibuk seperti Working Moms!

1. Sarapan

Sarapan penting banget buat menyokong energi dan membantu mengendalikan gula darah. Tapi hindari sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan gula. Menu makanan sehat saat sarapan yang dianjurkan untuk disantap, contohnya makanan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi misalnya oatmeal, nasi merah, sereal, buah, dan sayur. Ada juga makanan yang mengandung serat yang tinggi misalnya sereal gandum dan chia seed. Kemudian menu yang kaya akan protein misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi rendah lemak, yoghurt dan telur. Lalu makanan dengan lemak baik dari kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan kelapa. 

2. Jangan kebanyakan minum kopi

Kebanyakan minum kopi akan membebani organ hati Working Moms, membuat kamu dehidrasi. Maka, penting untuk memperhatikan asupan kopi. Usahakan untuk gak minum kopi lebih dari 400 mili gram per hari agar tetap aman dan gak memberikan efek samping. Hati adalah organ yang membersihkan racun tubuhmu,  jadi kalau organ hati Anda terbebani, maka kemungkinan kamu terkena penyakit dan berat badan bertambah meningkat. Kurangi konsumsi kopi atau mungkin kalau bisa jangan mengonsumsi kopi. Sebagai alternatif bila butuh asupan kafein, kamu bisa meminum teh herbal seperti misalnya teh hijau atau matcha yang sekarang ini digandrungi semua orang. 

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Pengganggu dan Penghancur Rumah Tangga yang Perlu Diwaspadai!

Baca Juga: Dear Working Moms, Ternyata Ini Lho Manfaat Pelukan Setiap Hari dengan Suami, Catat Ya!

3. Banyak minum air putih

Jangan lupa untuk banyak minum. Minimal minumlah 8 gelas air putih dalam sehari agar kadar energi Moms tetap tinggi, pencernaan juga lancar dan konsentrasi terjaga. Ketika tubuhmu dehidrasi, terkadang tubuh malah akan memberikan sinyal yang yang keliru, yaitu sensasi lapar. Moms bisa minum air putih 20 menit sebelum atau 60 menit sesudah makan. 

4. Kurangi makan makanan kemasan

Makanan kemasan mengandung banyak gula, garam, penstabil, pengawet, perasa buatan, pewarna buatan, dan lain sebagainya. Bahan-bahan makanan tersebut kurang baik bagi kesehatan. Supaya lebih banyak mengasup makanan sehat, hindari makan makanan kemasan dan makanan siap saji.

5. Makan makanan yang segar

Moms bisa pilih daging, ikan, kacang-kacangan, gandum, buah dan sayur yang segar untuk makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Kalau Moms mau membawa snack, bawalah kacang-kacangan atau buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil.

Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, Moms. Jadi coba konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendiskusikan suplemen apa yang tepat untuk Moms. Semua tips-tips yang disebutkan di atas adalah hal-hal yang cukup mudah dilakukan, lho! Gak peduli seberapa sibuknya Moms. Ingat selalu bahwa kesehatanmu lebih penting daripada kesibukan Moms. Ingat ya Moms bahwa kunci dari hidup sehat adalah dedikasi dan motivasi dari diri sendiri untuk memulai hidup sehat. Jadi, meskipun sibuk, jangan lupa untuk tetap memerhatikan menu diet sehat untuk kesehatanmu!

Baca Juga: Wow! Naik Tipis Rp1.000, Harga Emas Antam Makin Menarik Buat Investasi Working Moms!

Baca Juga: Moms, 9 Kebiasaan Bareng Suami Ini Bisa Memperkuat Hubungan Rumah Tanggamu Lho!