Menu

Gini Moms Cara Mengatasi Kebiasaan Anak Mengemut Makanan, Patut Dicoba!

21 Februari 2022 17:10 WIB
Gini Moms Cara Mengatasi Kebiasaan Anak Mengemut Makanan, Patut Dicoba!

ibu sedang memberi makan anaknya. (Pexels/Yan Krukov)

HerStory, Bekasi —

Ana-anak terkadang seringkali mengemut makanan di dalam mulutnya. Cara mengatasi anak yang makan diemut tentunya harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Jika penyebabnya karena gigi yang bermasalah, kamu perlu membawanya ke dokter gigi. Sementara bila disebabkan oleh masalah sensori dan oral motor, mungkin si kecil perlu menjalani terapi khusus, seperti terapi wicara.

Sambil berkonsultasi ke dokter yang tepat, kamu juga perlu melakukan upaya sendiri di rumah untuk mengatasi kebiasaan anak makan diemut. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Perkenalkan makanan bertekstur di usia yang tepat

Menurut situs Amazing Speech Therapy, kamu sebaiknya sudah mulai memperkenalkan makanan dengan tekstur yang lebih keras di usia 7-9 bulan.

Bila terlambat, anak mungkin akan kesulitan mengunyah makanan di kemudian hari dan menjadi picky eater di usia balita.

Berikan menu MPASI dengan tekstur beragam

Cara berikutnya untuk mencegah dan mengatasi anak makan diemut adalah dengan memberikan menu MPASI dengan variasi tekstur yang berbeda-beda.

Buatlah kombinasi menu harian dari makanan berserat keras seperti daging dan ayam, biji-bijian seperti jagung dan kacang edamame, serta makanan lunak seperti pepaya.

Perbaiki jadwal makan anak

Aturlah dengan baik kegiatan anak sebelum, selama, dan setelah makan.

Jika beberapa saat sebelumnya anak menyantap makanan ringan, pada jadwal makan menu utama ia bisa saja masih kenyang. Akibatnya, anak hanya mengemut makanan dan enggan menelannya.

Baca Juga: Si Kecil Sering Mengemut Makanan? Begini Cara Mengatasinya

Baca Juga: 4 Faktor yang Penting Moms Ketahui Jika Si Kecil Makan Diemut, Bukan Karena Kenyang atau Gak Nafsu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Cherryn Lagustya