Beauty, apakah kamu pecinta minum kopi? Biasanya orang-oramg meminum kopi saat malam hari untuk menahan kantuk. Namun, banyak juga mereka yang mengonsumsi minuman berkafein ini saat pagi hari.

Nah, jika kamu salah satu orang yang suka mengonsumsi kopi di pagi hari, hati-hati ya! Minum kopi di pagi hari dikaitkan dengan membuat tubuh dehidrasi. Lantas, apakah itu benar-benar terjadi pada tubuh?

Pada tingkat sedang, kopi tidak membuat tubuh dehidrasi. Kafein memang bersifat diuretik ringan, tetapi air yang ada dalam kopi atau teh berkafein yang kamu minum lebih dari cukup mengisi kebutuh air harian tubuh.

Baca Juga: Benarkah Kopi Bisa Lindung Tubuh dari Penyakit Diabetes? Ini Jawaban Ahli

Baca Juga: Apakah Benar Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Demensia hingga Jantung?

Sebuah ulasan utama dari para peneliti di University of Connecticut (dalam The International Journal of Nutrisi Olahraga dan Metabolisme Olahraga, diterbitkan Juni, 2002 menemukan bahwa hampir tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik dalam volume urin setelah minum kopi dengan setelah minum air putih. Banyak studi lainnya yang juga mengonfirmasi hal ini.

Selain itu, jika kamu memiliki masalah dengan lambung, kopi diketahui bisa memicu GERD, kondisi di mana lapisan makanan iritasi akibat asam lambung.

Menurut penuturan seorang ilmuwan kenamaan, Jon Kapecki, orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu juga harus memperhatikan konsumsi kopi sehari-hari.

"Jika kamu menderita tekanan darah tinggi, GERD, glaukoma, atau penyakit lain yang menyebabkan efek kafein negatif, mungkin kamu harus mengurangi asupannya untuk keuntungan kesehatan," ujarnya seperti dikutip dari Medical Daily (14/7/2020).

Baca Juga: Bukan Cuma Enak, Kopi Juga Mengandung Antioksidan hingga Bisa Cegah Obesitas Lho!

Baca Juga: Ingin Nyaman Kerja di Depan Komputer? Coba Konsumsi Kopi di Pagi Hari! Dijamin Terhindar dari Nyeri Tubuh

Meskipun tidak terbukti berbahaya, biasanya orang yang tak bisa minum kopi memiliki gejala-gejala, seperti sakit kepala dan mual. Ironisnya, hal ini bisa terjadi meskinpun hanya mengonsumsi kafein dalam dosis sangat kecil.

Intinya adalah bahwa kopi serta komponen psikoaktif utamanya, kafein, tampaknya memiliki manfaat kesehatan, namun harus diperhatikan jumlah konsumsi hariannya. Jadi, jika kamu suka kopi, minumlah! Tetapi, seperti segala sesuatu dalam hidup, lakukanlah secukupnya.