Beauty, enggak cuma jerawat, Rosacea menjadi salah satu masalah kulit yang dikeluhkan banyak orang. Lalu, apa Rosacea itu? Rosacea merupakan kondisi kulit kemerahan dan timbulnya benjolan atau bintik menyurapai jerawat. 

Kondisi ini sering banget dialami oleh wanita setengah baya dengan tipe kulit kering. Tapi bukan berarti, anak muda bisa terbesas dari Rosacea. Karena beberapa fakti penyebab Rosacea itu di akibatkan oleh faktor genetik, kondisi lingkungan, dan pola makan yang kurang sehat. Seperti mengonsumsi makanan-makanan pedas.

Beauty, sejauh ini banyak banget yang keliru soal Rosacea. Enggak sedikit di antaranya menganggap kondisi kuli terkena Rosacea itu hanya jerawat biasa atau masalah kulit lainnya. Gejala utama dari kondisi ini berupa kemerahan dengan benjolan merah yang bengkak dan pembuluh darah terlihat kecil.

Baca Juga: Murah Meriah, 5 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat di wajah

Baca Juga: 5 Masker Alami Ini Ampuh Mengencangkan Kulit Wajah, Anti Kendur dan Bikin Awet Muda Pokoknya!

Kalau kamu mengidap kondisi seperti ini, segera diobati jangan dibiarkan. Kalau kondisi Rosacea dibiarkan akan memburuk seiring berjalannya waktu. Enggak perlu ke dokter, kamu bisa mengobatinya dengan bahan alami rumahan dan tentunya mengubah pola hidup yang jauh lebih sehat.

Melansir dari laman Boldsky, Selasa (14/7/2020), berikut lima bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi Rosacea pada kulit wajah.

Aloe Vera

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan ialah Aloe Vera. Aloe Vera memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan dan juga radang pada kulit.

Ambil sedikit gel Aloe Vera dan olesi pada area wajah yang terkena Rosacea. Usahakan ambil gel Aloe Vera yang segar dari pohonnya ya. Biarkan di kulit selama 15-20 menit hingga kering dan bilas menggunakan air dingin.

Baca Juga: Beauty, Punya 3 Masalah Kulit Ini Akibat Pakai Produk Skincare? Begini Lho Cara Ampuh Mengatasinya!

Baca Juga: 6 Tips Perawatan Kecantikan ala Rumahan Ini Bisa Kamu Lakukan Jelang Hari Raya, Auto Bikin Cantik Pokoknya!

Beauty, kamu juga bisa memanfaatkannya dengan cara meminum air lidah buaya atau Aloe Vera setiap harinya. Cara ini bisa membantumu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan memulai proses penyembuhan kulit.

Teh hijau

Teh hijau juga bisa mengatasi banyak masalah yang terjadi pada wajah, salah satunya Rosacea. Teh hijau memiliki sifat antioksidan yang kuat dan sifat anti-inflamasi yang menenangkan peradangan kulit.

Caranya gampang banget kok. Seduh secangkir teh hijau dan diamkan hingga dingin. Setelah agak dingin simpan ke dalam kulkas sekitar 45 menit. Celupkan lap kain ke dalam teh dan rendam sebentar, setelah itu oleskan ke bagian yang sakit. Pijat wajah dengan lembut dan biarkan kulit menyerap khasiat teh hijau.

Madu

Selanjutnya kamu bisa menggunakan madu untuk menghilangkan Rosacea. Madu memiliki sifat emolien yang menjaga kulit tetap lembab. Sifat aniti-inflamasi dan antiseptik di dalamnya juga digunakan untuk menenangkan kulit dan mengurangi peradangan.

Pijat madu di area  kulit yang terkena selama 3-5 menit. Biarkan meresap ke dalam kulit dan diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat .

Oatmeal

Oatmeal memiliki sifat yang melembabkan dan sifat anti-inflamasinya mampu membersihkan kulit dan melawan peradangan yang terjadi.

Haluskan 1/2 cangking oatmeal dan tambahkan 1/4 gelas air untuk membuatnya menjadi pasta. Oleskan pasta oatmeal pada kulit wajah yang terkena rosacea. Diamkan hingga 20 menit agar mengering sebelum dibilas dengan air dingin.

Mentimun

Dinginnya mentimun mampu menenangkan kulit. Sifat anti-inflamasi nya juga mampu menenangkan peradangan. Kadar air di dalam mentimun sangat tinggi dan cocok untuk mengatasi kemerahan dan radang yang terjadi.

Dinginkan mentimun dalam kulkas selama 45 menit. Keluarkan dan potong menjadi irisan tipis. Taruh irisan ke daerah kulit yang terkena, biarkan selama 10-15 menit kemudian bilas.

Semoga bermanfaat!