Dear working moms, hamil memang momen yang sering ditunggu-tunggu bagi para wanita yang sudah menikah termasuk working moms. Tapi, banyak lho sederet mitos yang beredar tentang ibu hamil. Sebagai working moms, kamu harus tahu kalau mitos-mitos tersebut enggak bisa dipercaya dan terbukti adanya. Semisalnya kamu sedang hamil pertama, lebih baik jangan merasa ketakutan terlebih dahulu.

Sebab, kamu perlu mendengar atau mencari kebenarannya. Jangan asal percaya pada mitos-mitos tersebut ya! Karena selain bisa membuat stres, dapat membuat kamu tertekan juga menjalani kehamilan. Justru bisa mempengaruhi kondisi kesehatan kamu dan janin. Dilansir dari berbagai sumber, (14/7/2020) yuk kenali mitos apa saja yang tak benar keadaannya!

Harus makan banyak untuk diri sendiri dan janin

Banyak yang mengatakan kalau wanita sedang hamil perlu makan dengan dua porsi atau lebih banyak daripada biasanya. Sebab kamu perlu memberikan makan untuk dua orang, yaitu diri kamu dan bayi yang sedang kamu kandung. Tapi sayangnya hal tersebut adalah mitos. ibu hamil harus mengontrol pola makan dan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya. 

Baca Juga: Wadaw! Daging Beku? Lakukan 3 Cara Aman Supaya Daging Bisa Diolah

Baca Juga: Enak Banget! 9 Macam Sambal Ini Harus Moms Coba di Rumah, Bikin Ngeces...

Bukan karena masalah banyaknya makanan, tapi banyaknya gizi dan nutrisi yang harus kamu perhatikan. Untuk itu, sebagai working moms dan juga sedang mengandung anak, kamu perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung nutrisi dari karbohidrat, serat, vitamin, hingga mineral.

Enggak boleh banyak beraktivitas

Memang beraktivitas secara berlebihan itu sangat enggak baik. Baik untuk wanita pada umumnya maupun ibu hamil. Terlalu keras dalam bekerja atau berolahraga enggak disarankan. Sebab kekebalan tubuh dapat mengalami penurunan saat seseorang mengalami kelelahan.

Namun, bukan berarti ibu hamil tak boleh beraktivitas dan hanya tiduran saja di rumah. Justru ibu hamil harus beraktivitas, seperti bekerja, berolahraga, dan lainnya  dengan catatan tak berlebihan. Hal ini supaya ibu yang sedang mengandung tetap fit dan sehat. Bukannya kalau berbaring terus menerus tanpa melakukan apapun bisa membuat tubuh lemah dan sakit, moms?

Minum air es, ukuran bayi semakin besar

Mau itu meminum air es atau meminum air biasa, sama-sama tak membuat bayi kamu menjadi besar atau gemuk kok. Itu hanya mitos belaka. Mungkin yang membuat bayi gemuk adalah meminum minuman yang mengandung banyak gula, seperti sirup, soda, dan lainnya menggunakan air es. Yang pasti jika dikonsumsi, membuat berat badan kamu dan bayi semakin membesar.

Baca Juga: Jangan Berikan Data Pribadi Pada Orang Asing, Moms Harus Lakukan Ini Guna Mencegah Serangan Siber!

Baca Juga: Emas Antam Banting Harga, Working Moms Siap Investasi!

Makan kacang-kacangan bisa sebabkan alergi pada bayi nantinya

Mitos selanjutnya, yakni ketika makan kacang membuat bayi alergi. Itu salah! Kacang justru mengandung banyaknya protein dan asam folat yang bagus untuk seorang ibu hamil. Tapi, jika keluarga kamu memiliki riwayat alergi pada kacang-kacangan, lebih baik tak usah dikonsumsi sampai si bayi lahir.

Bayi bisa cacat jika ibu membunuh binatang

Mitos trakhir, yakni saat kamu membunuh binatang, baik sengaja ataupun enggak bisa menyebabkan cacat pada bayi. Mitos tersebut tentu saja enggak benar. Enggak ada hubungannya binatang yang kamu bunuh sama bayi kamu. Tapi walaupun enggak ada hubungannya, bukan berarti kamu bebas membunuh binatang lho ya, apalagi tanpa alasan yang jelas. 

Semoga bermanfaat ya!