Menu

Moms Catat! Agar Anak Gak Ngantuk Saat Sekolah, Yuk Mulai Hindari Makanan Ini Saat Sarapan

23 Februari 2022 07:45 WIB
Moms Catat! Agar Anak Gak Ngantuk Saat Sekolah, Yuk Mulai Hindari Makanan Ini Saat Sarapan

Ilustrasi anak kehilangan konsentrasi dalam belajar (Study/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sarapan memang sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak. Maka dari itu, Moms tak bisa melewatinya bukan? Selain itu, sarapan juga bisa membantu anak berkonsentrasi di sekolah lho.

"Kita tahu sepanjang malam saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan energi apa pun. Sehingga saat pagi, sebaiknya sarapan agar kembali mendapatkan sumber energi terutama untuk otak," kata Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp.GK., dalam webinar Sarapan Berisi bersama Blue Band, beberapa waktu lalu.

Dokter Diana menyarankan, maksimal sarapan dilakukan 30 menit sebelum memulai aktivitas. Menu sarapan juga harus mengandung karbohidrat dan protein sebagai sumber energi.

Ia mengingatkan, jangan memberi karbohidrat simpleks sebagai menu sarapan anak. Karena berpotensi menyebabkan anak ngantuk saat belajar.

"Kalau pagi-pagi kita kasih anak karbohidrat simpleks, misalnya banyak makanan mengandung gula, seperti kue, donat, muffin, cake, pokoknya karbohidrat sederhana yang mengandung tepung serta gula," ujarnya.

Karbohidrat simpleks makan cepat diserap oleh tubuh, sehingga juga cepat menaikan gula darah. Selain mengantuk, efek samping lainnya juga anak bisa kelebihan energi dan jadi tak bisa diam.

"Anak-anak seperti sugar rush, jadi kebanyakan energi karena energi cepat sekali diserap oleh tubuh. Jadi jangan karbohidrat simpleks. Kemudian jangan terlalu banyak lemak jenuh, itu biasanya makanan digoreng, mengandung santan," ujarnya.

Sebab, dokter Diana menjelaskan bahwa lemak jenuh termasuk zat gizi yang paling lambat dicerna oleh tubuh. Terlalu banyak makanan lemak tinggi yang digoreng atau mengandung santan juga bisa membuat lambung kembung.

Sebagai gantinya, pilih menu sarapan dengan jenis karbohidrat kompleks yang terdapat pada makanan utuh tanpa proses. Misalnya, kentang, ubi jalar, pisang, dan oatmeal.

"Kita bisa pilih karbohidrat yang kompleks itu hanya diserap nya lambat sehingga tidak langsung cepat menaikkan gula darah," ujarnya.

Sementara untuk sumber protein bisa memberikan anak telur rebus atau telur ceplok tanpa minyak. Juga bisa ditambahkan dengan susu.

Baca Juga: Bisa Kontrol Gula Darah, Jangan Skip Sarapan Ya! Terlebih untuk Kamu yang Miliki Diabetes...

Baca Juga: Dear Working Moms, Yuk Buat Pagi Hari Jauh Lebih Praktis dengan 4 Resep Menu Sarapan Simple Ini!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza