Menu

Beauty Ternyata Pilih Sunscreen Jangan Asal Ya! Bukan Hanya Tinggi SPF Saja, Hal Ini Juga Mesti Diperhatikan Lho...

23 Februari 2022 08:55 WIB
Beauty Ternyata Pilih Sunscreen Jangan Asal Ya! Bukan Hanya Tinggi SPF Saja, Hal Ini Juga Mesti Diperhatikan Lho...

Penggunaan sunscreen. (pinterest/stylecraze)

HerStory, Jakarta —

Penggunaan tabir surya memang sudah tak bisa dilewatkan meskipun hanya berada di dalam rumah. Hal ini demi melindungi kulit agar tetap sehat dan tak terpapar sinar matahari secara langsung. Ternyata, untuk memilihnya kita tak boleh sembarang dan asal lho, Beauty! Masih ada aspek lain yang perlu diperhatikan selain SPFnya.

Nah, agar tak salah memilih tabir surya, berikut adalah beberapa tips sebelum menggunakan atau membeli tabir surya, dilansir dari Indian Expresa.

1. Pilih sesuai jenis kulit

Memilih tabir surya sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit pengguna. Kamu yang memiliki kulit kering, bisa memilih tabir surya yang ber-SPF tinggi dan memberi perlindungan spektrum luas. Hal ini karena kulit kering biasanya lebih sensitif dan mudah terbakar oleh sinar matahari.

Sementara untuk jenis kulit berminyak atau kombinasi, tabir surya berbasis kimia atau gel lebih cocok karena tak akan membuat kulit menjadi semakin berminyak.

2. Perhatikan kandungan bahannya

Tabir surya biasanya dibagi menjadi dua kategori, yaitu tipe physical atau dikenal sebagai mineral sunscreen dan tipe chemical yang paling banyak tersedia di pasaran. Mana yang harus dipilih, sebaiknay disesuaikan dengan kondisi kulit.

Tabir surya tipe physical akan tinggal di atas permukaan kulit dan tak meresap ke dalam, sehingga dianggap ideal untuk pemilik kulit sensitif. Sedangkan tabir surya tipe chemical lebih mampu memberikan perlindungan yang luas, namun lebih berisiko memicu timbulnya reaksi alergi atau iritasi.

3. Pelajari cara penggunaan

Tabir surya memiliki cara pakai yang membuatnya efektif melindungi kulit dari sinar matahari. Idealnya, tabir surya diaplikasikan seenggaknya setengah jam hingga 15 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.

4. Formula tahan air

Apakah tabir surya tahan air diperlukan? Jawabannya tentu saja iya. Meskipun kamu mungkin tak memiliki aktivitas berenang di siang hari, formula tahan air akan memastikan bahwa hujan atau keringat yang tiba-tiba tak membuat kamu kehilangan perlindungan dari tabir surya.

5. Perhatikan SPF

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa SPF 100, jika dibandingkan dengan SPF 50, membuat perbedaan yang signifikan dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Paling enggak, pilih tabir surya dengan SPF 30 agar kulit terlindungi dari efek buruk sinar UV. Namun, pastikan kamu mengaplikasikan ulang, ya.

Baca Juga: Waspada! Bukannya Sehat Malah Bikin Meradang, Ini 3 Penyebab Kulit Jerawatan Akibat Pakai Sunscreen!

Baca Juga: Tiati Ya Beauty! Niat Tanning Malah Jadi Keling, Wajah Wanita Ini Rusak Gegara Berjemur 1 Jam, Waduh...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza