Menu

Pakai Panty Liner Setiap Hari, Aman Enggak Ya?

06 Februari 2020 10:10 WIB
Pakai Panty Liner Setiap Hari, Aman Enggak Ya?

Ilustrasi Panty Liner (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pasti di antara kamu ada yang pernah atau rutin menggunakan panty liner kan? Biasanya penggunaan panty liner ini digunakan sebelum atau sesudah masa menstruasi saat vagina mengeluarkan flek.

Tapi, enggak menutup kemungkinan sebagian wanita ada yang menggunakan panty liner hampir setiap hari, kecuali saat menstruasi mereka akan menggunakan pembalut. Nah Beauty, ngomong-ngomong soal penggunaan panty liner setiap hari itu aman enggak ya? 

Melansir dari laman Womans World, para ahli mengatakan kalau penggunaan panty liner setiap hari dapat mengiritasi bagian kulit vulva yang sensitif, terlebih lagi memakai produk panty liner yang beraroma. 

Sama seperti pembalut, panty liner membuat area vagina menjadi lembab. Kandungan parfum dalam panty liner bisa menyebabkan ruam, kemerahan, gatal, dan mungkin akan merasakan nyeri di sekitar Miss V. 

Enggak cuma itu, penggunaan panty liner setiap hari menjadi peluang besar terkena infeksi jamur di area vagina. Pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengganti panty liner dengan produk feminim lainnya. Mereka juga menyarankan kepada wanita untuk memakai celana dalam saja agar terhindar dari infeksi yang berkepanjangan. 

Atau mungkin kamu bisa menggunakan produk panty liner berbahan organik. Yang mana lebih aman karena tidak menggunakan bahan kimia dan bahan beracun lainnya. 

Nah Beauty, mulai saat ini lebih peka untuk menjaga kesehatan organ intim kamu ya. Kalau kamu mengalami iritasi karena penggunaan panty liner berlebih segera periksa ke dokter dan hentikan pemakaian sementara. Atau kamu bisa beralih menggunakan produk panty liner berbahan dasar alami. Keep Healthy, Keep Beauty!

Baca Juga: Duh, Pasti Masih Banyak yang Salah Deh! Ini Cara Bersihkan Vagina yang Benar! Wanita Wajib Tahu!

Baca Juga: Mesti Waspada! Ini 7 Jenis Benjolan Vagina yang Gak Boleh Dianggap Sepele, Bisa Bahaya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.