Menu

Go Digital, Brand Tas Asal Bandung Ini Raih Pertumbuhan 100 Kali Lipat Sampai Digaet Marvel! Seperti Apa Kisahnya?

24 Februari 2022 20:08 WIB
Go Digital, Brand Tas Asal Bandung Ini Raih Pertumbuhan 100 Kali Lipat Sampai Digaet Marvel! Seperti Apa Kisahnya?

Salah satu produk tas Torch. (Instagram/@torch.id)

HerStory, Bogor —

Beauty, ada banyak pengusaha sukses di Indonesia yang berhasil menjalankan bisnis di usianya yang masih muda. Kerja keras, pantang menyerah, keuletan, serta tekad yang kuat menjadi beberapa faktor yang membuat mereka mencapai kesuksesan. 

Nah, salah satu pengusaha muda yang terbilang sukses menggebrak industri fashion lokal Indonesia ini adalah Ben Wirawan. Lewat brand Torch, pria yang karib disapa Ben itu sukses membawa nama Indonesia di kancah global. Seperti apa kisahnya?

Menilik sejarahnya sendiri Beauty, Ben membangun Torch bersama dengan rekannya Hanafi Salman, pada tahun 2015 di kota Bandung. Lini bisnis di bidang traveling dipilih Ben dan rekannya untuk dikembangkan, karena ia mengamati traveling telah berubah dari sekedar aktivitas perjalanan semata, namun telah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya bagi generasi milenial dan Gen Z.

Saat itu, Ben melihat bahwa kegiatan traveling di masa kini perlahan berubah seiring dengan meningkatnya intensitas perjalanan yang dilakukan seseorang, serta cara melakukan perjalanan yang menjadi lebih mudah serta lebih hemat biaya. Seiring dengan perubahan tersebut, bisnis yang berhubungan dengan travelling seperti penjualan tiket perjalanan, akomodasi, atau aksesoris perlengkapan perjalanan seperti Torch akan terdorong tumbuh secara pesat.

“Dua tahun sejak didirikan, Torch masih menggunakan pendekatan konvensional untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada masyarakat. Produk Torch pertama kali dipasarkan melalui distributor dan agen. Rintingannyabanyak sekali. Pemasaran dengan cara konvensional ini berdampak terhadap perkembangan bisnis Torch, dimana para agen seringkali tidak melunasi penjualan barang tepat waktu, dan menjadikan Torch tidak bisa meraih omzet secara maksimal,” papar CEO Torch, Ben Wirawan, saat sesi webinar "Seller Story Shopee 3.3 Fashion Sale”, sebagaimana dipantau HerStory, Kamis (24/2/2022).

Ben melanjutkan, meski dalam kondisi keuangan perusahaan yang memburuk, ia pun akhirnya ‘nekat’ membawa perusahaannya hijrah ke jalur digital. Saat itu, tepatnya tahun 2017, Ben pun mulai mempelajari pemasaran digital dan penjualan online. Salah satunya dengan bergabung di Shopee yang berhasil membawa angin segar terhadap keberlangsungan bisnis Torch.

“Jujur, lewat pemasaran online itu, Torch berhasil melampaui jumlah penjualan yang melebihi 2 tahun awal berdirinya ketika masih menggunakan sistem pemasaran konvensional,” beber Ben seraya tersenyum.

Baca Juga: Shopee Jadi Mitra Resmi Pertama Asean Club Championship, Diumumkan Langsung oleh Federasi Sepak Bola Asean!

Baca Juga: Beauty Mau THR Shopeepay Gratis Hari Ini? Ini Lho Cara yang Harus Kamu Lakukan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: