Salah satu masalah yang sering banget dikeluhkan oleh semua orang termasuk wanita adalah jerawat. Selain bikin enggak pede penampilan, munculnya jerawat juga sangat menyakitkan bahkan bisa bikin pusing lho. Itu mengapa banyak wanita yang rela melakukan berbagai perawatan mahal untuk menghilangkan jerawat

Lalu, bagaimana jika sudah perawatan mahal tapi masih berjerawat? Bukannya sembuh, malah tambah parah. Bisa jadi hal itu disebabkan oleh kebiasaan ini lho. Penasaran? Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (15/7/2020) yuk stop sekarang juga kebiasaan ini Beauty!

Ponsel menyentuh wajah

Ponsel atau handphone itu sudah pasti banyak mengandung kuman, bahkan virus. Salah satu studi yang dilakukan oleh peneliti dari London School of Hygiene & Tropical Medicine and Universitas Queen Mary, Inggris mengatakan bahwa 16 persen kedua tangan pengguna ponsel berisiko terkena bakteri E. coli berpotensi sebabkan penyakit yang asalnya dari tinja manusia. Hal ini disebabkan karena pengguna tak mencuci tangannya sehabis dari toilet.

Baca Juga: Hal-Hal Ini Harus Banget Kamu Hindari, Supaya Kamu Enggak Jadi Bahan Omongan Orang-Orang, Beauty!

Itu sebabnya, jerawat mampu bermunculan ketika ponsel menyentuh wajah kamu. Untuk itu, disarankan kamu rutin membersihkan ponsel atau menerima telepon menggunakan headset atau earphone.

Rambut yang terkena wajah

Salah satu studi pada jurnal International Journal of Dermatology, rambut itu menampung berbagai macam kotoran seperti debu, polusi, dan sarangnya bakteri. Jika rambut mengenai area kulit wajah, atau rambut digerai, kotoran yang ada di rambut akan berpindah ke wajah kamu dan menghasilkan jerawat.

Untuk itu, meskipun kamu keramas setiap hari, enggak menjamin rambut kamu bersih lho. Sebab rambut pasti selalu kotor karena terkena udara, polusi, bantal, dan lainnya. Jadi jangan selalu meriap rambut ya, usahakan kamu selalu menguncirnya untuk menghindari jerawat!

Kurang istirahat

Merangkum dari laman Bustle, efek samping dari kekurangan istirahat atau kurang tidur adalah jerawatan. Jangan salah lho! Kualitas tidur yang buruk, mampu sebabkan tubuh lebah, sehingga bakteri jerawat dengan seenak hatinya menyerang kulit wajah kamu.

Enggak hanya jerawat saja, kurang istirahat dan tidu mampu sebabkan kamu stres, di mana hormon stres menjadi pemicu kulit memproduksi sebum jauh lebih banyak. Sehingga jerawat akan siap panen di wajah kamu. Jadi usahakan tidur yang cukup antara 7-9 jam ya Beauty!

Sering menyentuh wajah

Sama seperti kebiasaan nomor satu. Tangan kamu itu pasti penuh dengan berbagai kuman dan bakteri yang di mana ketika menyentuh wajah, akan sebabkan jerawat. Kamu enggak tahu barang apa saja yang kamu sentuh beserta bakteri pada barang tersebut. Untuk itu, sebelum memegang wajah, usahakan mencuci tangan sampai bersih ya!

Malas mengganti sarung bantal

Dilansir dari Clinical Cosmetic and Investigational Dermatology Journal pada tahun 2019, sarung bantal bisa menjadi sarang bakteri dan kuman. Sebab kotoran yang dihasilkan dari rambut juga bisa menempel di sarung bantal kamu. Itu sebabnya, kotoran yang menempel di sana, mampu berpindah tempat pada wajah kamu dan menghasilkan jerawat. Jadi usahakan mengganti sarung bantal sesering mungkin atau seminggu sekali, agar mampu mencegah terjadinya jerawat pada wajah.

Selain itu, setelah bangun tidur, usahakan langsung mencuci wajah atau membersihkan wajah agar kuman yang menempel mampu disingkirkan dan tak menimbulkan jerawat.