Menu

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Membersihkan Miss V

06 Februari 2020 13:15 WIB
7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Membersihkan Miss V

Ilustrasi menjaga kesehatan organ intim wanita. (unsplash/Timothy Meinberg)

HerStory, Jakarta —

Menjaga kebersihan oragna intim sangat penting dilakukan oleh siapa pun, termasuk wanita. Banyak hal yang bisa dilakukan agar area Miss V atau vagina tetap terjaga kebersihannya, salah satunya dengan cara rutin membersihkannya.

Secara enggak sadar mungkin di antara Beauty merasa sudah membersihkan area Miss V secara benar, tapi enggak menutup kemungkinan kalau ternyata langkah yang kamu ambil itu salah bahkan bisa menyebabkan masalah pada oragan intimmu.

Kira-kira kesalahan apa aja yang sering dilakukan saat memberisihkan Miss V. Melansir dari Bustle, ini tujuh kesalahan di anataranya:

Menggunakan sabun wangi

Kadang membersihkan vagina dengan air saja kamu merasa kurang cukup. Untuk itu kamu sering menambahkan produk feminim lainnya seperti sabun khusus vagina yang memiliki kandungan parfum di dalamnya. Beauty, kamu perlu memastikan kalau kamu menggunakan sabun tanpa pewangi ya mulai saat ini.  

Kandungan parfum di dalamnya bisa membuat pH norma menjadi enggak seimbang, hingga menyebabkan terjadinya infeksi pada area Miss V. Begitu pun saat menggunakan tisu khusus vagina, cari produk tisu atau sabun yang bebas pewangi ya Beauty!

Menggunakan pembersih dengan bahan kimia sintetis

Kesalahan lainnya ialah menggunakan sabun atau pembersih lainnya dengan kandungan bahan kimia sintetis di dalamnya. Hal ini memicu terjadinya alergi pada area Miss V akibat bahan kimia tersebut. 

Mungkin ada bahan kimia yang bisa membunuh semua bakteri atau jamur di area Miss V, tapi banyak pula produk dengan bahan kima yang bisa mengganggu hormon karena kulit vagina yang halus bisa menyerap bahan kimia tersebut masuk ke dalam tubuh. 

Enggak membersihkan lipatan labia

Lipatan labia terdapat pada area luar Miss V. Kamu juga jangan lupa untuk membersihkan lipatan labia tersebut menggunakan sabun tanpa pewangi dan bahan kimia lainnya. Hal ini akan memastikan bahwa bakteri yang menempel bisa hilang sebelum terjadinya infeksi.

Melakukan douching vagina

Kalau sabun wangi keras pada vagina, douching pun lebih buruk. Membersihkan vagina dengan menyemprotkan suatu larutan ke dalam saluran vagina dengan menggunakan alat khusus, bisa membuat pH vagina menjadi enggak seimbang. Douching bisa mendorong bakteri masuk ke dalam saluran vagina lebih jauh sehingga bisa menyebabkan bakteri menyebar. 

Menyekanya terlalu keras

Saat membersihkan area Miss V kamu menyeka atau menggosoknya terlalu keras. Hal ini membuat kulit mudah terinfeksi dan juga iritasi. Bahkan ada beberapa kasus yang menyebabkan kulit mengelupas di area Miss V akibat menggosoknya terlalu keras.

Membersihkannya terlalu sering

Meski menjaga kebersihan area Miss V itu sangat penting, kamu juga enggak boleh membersihkannya terlalu sering. Aturan praktis yang baik, ialah membersihkan area Miss V enggak lebih dari sekali sehari. Tapi bukan berarti enggak boleh membilasnya setelah buang air kecil ya Beauty! Membersihkan sekali sehari itu pembersihan secara penuh. 

Mencukur rambut kemaluan

Kesalahan terakhir ialah mencukur rambut kemaluan. Mungkin kamu merasa risih dengan tumbuhnya rambut kemaluan tersebut. Perlu Beauty tahu, rambut kemaluan itu bisa melindungi vagina selama 'aktivitas seksual' yang berfungsi sebagai jaring dan bisa menjebak bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Seperti bakteri vaginosis dan infeksi saluran kemih. Mencukur rambut kemaluan sedikit keras berpotensi menyebabkan infeksi atau luka bakar lho Beauty!

Nah Beauty, itu tadi tujuh kesalahan yang tanpa sadar sering dilakukan saat membersihkan organ intim wanita. Sudah tahu kan sekarang? Mulai kurangi kesalahan-kesalahan itu ya Beauty!

Baca Juga: Tips Bersihkan Area Intim Wanita Biar Disayang Suami, Mulai dari Bawah Lalu...

Baca Juga: 5 Penyebab Bau Pada Miss V Ini Harus Segera Kamu Waspadai

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.