Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakutkan oleh semua orang. Penyakit yang mematikan itu pun banyak sekali diderita masyarakat di Indonesia, salah satunya kanker paru-paru. Gejala kanker paru-paru ini cukup beragam, tergantung sudah ada di tahap mana kanker tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (15/7/2020), banyak yang enggak menyadari kalau gejala kanker paru-paru bisa dikenali dengan perubahan suara. Pita suara menghasilkan suara dengan membuka dan menutup, menyebabkan getaran.

Ketika kanker paru-paru melibatkan saraf laring, itu dapat memengaruhi pita suara dan dapat menyebabkan perubahan suara atau serak pada suara.

Baca Juga: Hati-hati! Sulit Menelan Makanan Bisa Jadi Gejala Kamu Menderita Kanker Paru-paru Lho!

Beauty, biasanya memang suara serak merupakan gejala umum dari banyak kondisi, paling umumnya laringitis. Tapi, kalau kamu mengalami suara serak sudah lebih dari dua minggu, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Selain itu, batuk yang intens, persisten atau memburuk secara konsisten dapat diindikasi kanker paru-paru. Sebenarnya, itu merupakan gejala umum dari banyak kondisi juga, tapi kalau kamu batuk darah atau lendir dan dahak berdarah, sebaiknya konsultasikan kesehatanmu ke dokter.

Nah, penyebaran kanker paru-paru ini juga dapat menyebabkan penyumbatan di saluran udara utama, serta penumpukan cairan di sekitar paru-paru yang disebut dengan efusi pleura.

Efusi pleura itu dapat menyebabkan sesak napas dan juga nyeri dada. Nah, itu juga menjadi gejala umum para penderita kanker paru-paru. Kalau kamu sesak napas sudah mengganggu kegiatan sehari-hari, sebaiknya periksalah ke dokter.