Working moms pasti merasakan betul betapa stres-nya dengan segudang pekerjaan di kantor yang menumpuk. Belum lagi, harus melaksanakan kewajiban sebagai ibu rumah tangga dengan mengurus anak, suami, dan juga kebutuhan rumah tangga lainnya. Duh... bikin kepala mau pecah banget enggak sih, Beauty?!

Hari-hari begitu terasa berat, mood terkadang sangat buruk sehingga berdampak pada pekerjaan yang dilakukan. Eits, tapi hal itu enggak boleh dibiarkan terlalu lama Beauty! Kamu bisa mengatasi stres yang melanda dengan mengatur pola makan lho!

Journal of Nutrition & Food Science mengungkap dalam Everyday Health kalau stres itu bisa meningkatkan kebutuhan akan nutrisi. Seperti vitamin C, B, selenium, dan magnesium di dalam tubuh. Nutrisi-nutrisi ini bisa kamu temukan dalam beberapa makanana lho!

Baca Juga: Dear Working Moms, Ini 5 Bahasa Cinta Anak yang Perlu Kamu Tahu, Si Kecil Tipe yang Mana?

Baca Juga: Dear Working moms, Sederet Momen yang Membolehkan Kamu Berbohong sama Suami, Penasaran?

Makanan-makanan inilah bila dikonsumsi bisa memperbaiki mood yang jelek dan membantu melawan stres yang melanda. Penasaran dengan makanan apa saja yang dimaksud, mengutip dari laman sindikasi Muslimah DailyRabu (15/7/2020), berikut tujuh di antaranya.

Teh herbal dan minuman hangat

Teh herbal seperti teh hijau ternyata mengandung sedikit kafein yang baik untuk kesehatan otak. Minuman ini bermanfaat untuk melindungi neuron terhadap cedera yang disebabkan neurotoksin, menekan peradangan saraf, meningkatkan daya ingat, dan banyak manfaat lainnya.

Bahkan, menurut Mayo Clinic, secangkir teh hijau memiliki kandungan kafein sekitar 25-29 miligram kafein dibandingkan kopi yang memiliki 95-165 miligram kafein. Oleh sebab itu, teh hijau dapat menjadi pilihan tepat untuk menemani waktu bersantai sahabat muslimah.

Selain teh herbal, minuman hangat juga bisa menjadi solusi stres. Menurut Sandra Meyerowitz, MPH, RD, seorang pelatih nutrisi online dan pemilik Nutrition Works di Louisville, Kentucky, menyebutkan kalau secangkir teh hangat dapat membuatmu merasa lebih tenang.

Baca Juga: Melambung Tinggi! Harga Emas Antam Naik Rp19.000, Working Moms Siap Investasi?

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Pengganggu dan Penghancur Rumah Tangga yang Perlu Diwaspadai!

Dalam penelitian sebelumnya, Meyerowitz juga menjelaskan, menghirup minuman hangat dapat memberikan efek menenangkan dan relaksasi dalam tubuh.

Dark chocolate

Beauty, mungkin kamu sudah tahu kalau cokelat menjadi salah satu makanan pereda stres. Ketika mengkonsumsi cokelat, secara emosional kamu akan merasa senang sehingga stres dapat berkurang.

Selain itu, kandungan antioksidan yang dimiliki cokelat dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Tapi, jangan sampai mengkonsumsi dalam porsi yang terlalu banyak ya Beauty, biar enggak memberikan dampak buruk untuk tubuh.

Alpukat

Makanan selanjutnya yaitu buah alpukat. Kandungan asam lemak omega-3 dalam alpukat dapat mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan suasana hati.

Dilansir dari Bel Marra Health, alpukat juga memiliki kandungan folat yang dapat membantu produksi dopamin (hormon bahagia). Selain itu, vitamin B pada alpukat juga dapat memproduksi serotonin dan efek menenangkan lainnya.

Ikan

Menurut Harvard Health Blog, mengkonsumsi ikan dapat mencegah penyakit jantung dan kandungan omega-3 untuk mengurangi stres.

Beauty, kalau kamu enggak terlalu suka ikan, kamu bisa menggantinya dengan makanan lain seperti rumput laut, kenari, biji rami, telur, susu, susu kedelai, dan banyak lagi. Selain itu, suplemen omega-3 dalam bentuk minyak ikan juga bisa menjadi pilihan, lho.

Susu hangat

Beauty, saat stres melanda terkadang bikin susah tidur, bukan? Coba deh minum secangkir susu hangat di malam hari sebelum beranjak tidur. 

Melansir dari laman SleepAdvisor, susu hangat memiliki efek relaksasi pada tubuh dan psikologis. Sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Sebuah penelitian dalam jurnal Obstetrics and Gynecology menunjukkan kalau susu dan makanan dari olahan susu yang memiliki kandungan kalsium dan vitamin D dapat membuat otot menjadi rileks dan menstabilkan suasana hati.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, dan walnute dapat menurunkan kadar tekanan darah. Menurut salah satu penelitian, pistachio dapat mengurangi tingkatan stres.

Kandungan vitamin B dan magnesium pada kacang juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan dapat membantu manajemen kecemasan menjadi lebih baik.

Jeruk dan stroberi

Nah terakhir, ada vitamin C pada jeruk dan stroberi yang dapat membantu melawan stres. Salah satu studi yang diterbitkan pada Januari 2015 dalam Pakistan Journal of Biological Sciences mengatakan kalau vitamin C dapat mengurangi tingkatan stres pada seseorang yang mengkonsumsi 500 mg per hari dan dapat pula mencegah kecemasan.

Semoga bermanfaat ya working moms!