Angka penambahan kasus virus corona atau Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Meski begitu, banyak negara yang mulai melakukan berbagai kegiatan seperti biasanya. Namun, saat ini banyak negara juga yang mengalami gelombang kedua penyebaran kasus positif virus corona atau Covid-19.

Seperti dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (15/7/2020), banyak masyarakat yang berkegiatan tanpa mengikuti protokol kesehatan, makanya angka penambahan kasus positif virus corona pun semakin bertambah setiap harinya. Sejumlah mitos ini juga ternyata membuat jumlah kasus naik. Wah, mitos apa saja ya? Yuk, simak baik-baik, ya!

Usia muda kebal corona

Faktanya, banyak anak muda yang ternyata positif virus corona. Banyak juga anak-anak muda yang enggak memperlihatkan gejala alias orang tanpa gejala (OTG). Bahkan ada laporan bahwa bayi yang meninggal akibat terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Hadi Pranoto Klaim Temukan Obat Virus Corona, IDI: Obat Apapun Harus Ada Pembuktian Ilmiah!

Baca Juga: Wow, Tambah 1.815 Kasus Positif Corona Per 5 Agustus 2020! Ini 5 Provinsi yang Sumbang Angka Tertinggi...

Corona hanya dapat menular kalau ada si penderita ada gejala

Faktanya, banyak sekali masyarakat yang enggak menunjukkan gejala-gejala umum, tapi malah positif terinfeksi virus corona. Virus corona ini juga bisa bertahan pada permukaan benda selama beberapa hari.

Corona sudah berakhir

Faktanya, virus corona sama sekali belum berakhir. Justru, penambahan kasus pasien yang positif terinfeksi virus corona, khususnya di Indonesia terus mengalami kenaikan. Kendurnya pengawasan menjadi pemicu adanya penambahan kasus corona.

Corona mati karena cuaca panas

Faktanya, virus corona bisa menempel di mana saja bahkan di udara. Enggak ada yang tahu virus corona itu sudah mati atau belum. Justru, kalau kamu malah terus berada di luar ruangan, potensi terinfeksi virus corona pun semakin besar.

Penggunaan masker enggak efektif

Faktanya, penggunaan masker efektif untuk membantu mengurangi penularan virus corona atau Covid-19. Makanya, kita harus tetap menggunakan masker apabila harus ke luar rumah.

Baca Juga: Soal Obat Herbal Corona Hadi Pranoto, Kemenristek: Dia Bukan Anggota Penelitian Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19

Baca Juga: Wah, Kemenkes Jelaskan 4 Tahap Uji Klinis Vaksin Virus Corona! Apa Saja Ya?

Semoga bermanfaat!