Menu

Dear Moms, Ini Lho Dampak Buruk Anak Tidur Sekamar dengan Orang Tua

01 Maret 2022 16:20 WIB
Dear Moms, Ini Lho Dampak Buruk Anak Tidur Sekamar dengan Orang Tua

Ilustrasi pasangan suami-istri yang masih tidur sekamar dengan anak mereka. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bekasi —

Enggak sedikit anak yang masih tidur sekamar dengan orangtuanya. Entah karena mereka takut tidur sendiri atau masih ingin tidur bersama dengan orangtuanya. 

Mungkin orangtua nggak keberatan jika harus tidur bersama si kecil. Namun, tahukah bahwa ada beberapa dampak buruk anak tidur bareng orangtuanya? Seperti apa ya dampaknya, berikut ulasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Anak jadi nggak mandiri

Anak yang masih tidur dengan orangtuanya cenderung menjadi kurang mandiri. Hal ini karena si kecil akan selalu butuh bantuan orangtua untuk bisa tidur. Ia juga akan merasa cemas ketika harus tidur sendiri tanpa ditemani.

Tidur kurang berkualitas

Kualitas tidur orangtua akan berkurang karena tidur dengan anaknya. Tidur juga menjadi kurang berkualitas karena ukuran tempat tidur yang semakin sempit. Tidur yang kurang berkualitas ini berpengaruh terhadap kemampuan kognitif seperti konsentrasi, dan daya ingat.

Orangtua kehilangan privasi

Orangtua akan kehilangan privasi mereka karena harus berbagi ranjang dengan anak. Hal ini tentu menyulitkan orangtua jika ingin berduaan atau melakukan seks.

Baca Juga: Gak Cuma Tidur, 6 Jenis Istirahat Ini Terbukti Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Mentalmu Beauty, Yakin Gak Mau Coba?

Baca Juga: Awas, 4 Gangguan Tidur yang Sering Terjadi pada Anak, Moms Harus Tahu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya