Menu

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Penyebab Mimisan pada Anak

01 Maret 2022 16:10 WIB
Orang Tua Wajib Tahu, Ini Penyebab Mimisan pada Anak

Ilustrasi Mimisan. (iStockphoto/Edited by Herstory)

HerStory, Bekasi —

Mimisan atau keluar darah dari hidung anak tentu membuat orangtua panik dan khawatir. Terlebih jika mimisan tiba-tiba terjadi tanpa tahu penyebabnya. 

Biasanya mimisan terjadi pada anak-anak yang berusia 3 hingga 10 tahun dan sebagian besar nggak menunjukkan adanya kondisi kesehatan serius yang terjadi. Meski begitu, orangtua sebaiknya perlu mengetahui penyebab mimisan pada anak. Melansir dari beberapa sumber, berikut penyebab mimisan pada anak.

Mengorek hidung

Salah satu penyebab mimisan ialah karena si kecil kerap mengorek hidung teralu dalam dan menimbulkan luka hingga berdarah.

Cuaca ekstrem

Udara yang sangat panas bisa mengiritasi dan mengeringkan selaput hidung, sehingga menyebabkan gatal dan berdarah saat dikorek. Selain itu, perubahan suhu dan lingkungan juga memengaruhi pecahnya pembuluh darah daerah rongga hidung.

Kelelahan

Kelelahan enggak hanya membuat stamina tubuh menurun, tetapi juga pembuluh darah melemah. Karena itu, saat anak kelelahan bisa saja mereka tiba-tiba mimisan.

Infeksi bakteri

Infeksi bakteri bisa menyebabkan area yang sakit, merah, dan berkerak pada kulit di dalam hidung juga di depan lubang hidung. Infeksi ini jugadapat menjadi penyebab anak mimisan.

Baca Juga: Anak Mengalami Mimisan? Kenali Penyebabnya, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Anak Sering Mimisan, Bisa Jadi Pertanda Hemofilia!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.