Olahraga menjadi salah satu aktivitas pagi yang banyak dilakukan. Bukan hanya untuk mengisi waktu luang, tetapi banyak orang berolahraga demi menyehatkan badannya atau hanya membuat badan segar untuk menjalani aktivitas di hari itu.

Tapi, tahukah kamu Beauty bahwa olahraga pagi bisa mengurangi stres hingga meningkatkan kualitas tidurmu pada malam hari lho. Kok bisa ya? Ini penjelasannya.

Olahraga di pagi hari benar-benar dapat membuat kualitas tidur malam yang nyenyak dan mengurangi tingkat stres. Melansir laman Medical Daily (16/7/2020) sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research melacak tingkat tekanan darah dan pola tidur pada peserta penelitian berusia antara usia 40 dan 60 tahun. Setiap peserta berolahraga dengan berjalan di atas treadmill pada pukul 7 pagi, 1 malam, dan 7 malam selama 30 menit, tiga kali seminggu.

Baca Juga: Menjadi Instruktur Zumba untuk Melewati Masa Sulit, Denada: Merupakan Pilihan Tepat Bagi Saya!

Baca Juga: Kamu Sering Berolahraga dalam Keadaan Perut Kosong? Kira-Kira Boleh Nggak Ya Kayak Gitu?

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa semua peserta yang berolahraga pada pukul 7 pagi mengalami penurunan tekanan darah secara keseluruhan 10 persen dan penurunan tekanan darah 25 persen di malam hari.

Selain itu, olahraga pagi juga membantu para peserta penelitian memiliki kualitas tidur yang nyenyak, tidur lebih lama dan menjalani siklus tidur yang lebih dalam jika dibandingkan dengan berolahraga di lain waktu. Olahraga dipagi hari dapat meningkatkan kualitas tidur nyenyak di malam hari hingga 75 persen.

Olahraga pagi enggak hanya dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular (jantung), tetapi juga bisa mengurangi stres dan kecemasan berkat tidur malam yang nyenyak. Pada dasarnya, semakin nyenyak tidur, semakin banyak waktu yang dibutuhkan tubuh untuk pulih.

Terlepas dari waktu kapan kamu berolahraga, konsistensi adalah kuncinya. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang setiap minggu dan aktivitas penguatan otot pada dua hari atau lebih dalam seminggu yang mencakup semua kelompok otot utama, seperti kaki, pinggul, punggung, perut , dada, bahu, dan lengan.

Baca Juga: Kamu Punya Masalah Skoliosis dan Bingung Memilih Olahraga yang Aman? Tenang! Coba deh Gerakkan Berikut Ini!

Baca Juga: Bolehkah Berolahraga Saat Sakit?