Menu

Gaji Sudah Habis Sebelum Waktunya? Ikutin 3 Cara Jitu Menghemat Uang Gajimu!

16 Juli 2020 11:35 WIB
Gaji Sudah Habis Sebelum Waktunya? Ikutin 3 Cara Jitu Menghemat Uang Gajimu!

Ilustrasi orang sedang mengitung uang (Unpslash/Artem Beliakin)

HerStory, Jakarta —

Untuk kamu yang masih sulit menjaga uang gaji padahal cicilan dan kebutuhan masih banyak yang belum terpenuhi tenang aja, HerStory akan membantu kamu untuk mengatur uang gajimu supaya bisa digunakan dengan baik.

Coba yuk kamu ikuti 3 cara jitu berikut ini yang sudah dirangkum (15/07/2020) khusus untuk kamu!

Membuat Rencana Anggaran Belanja

Ketika gaji bulanan kamu dikirim ke rekening kamu, ada baiknya uang itu enggak langsung kamu gunakan ya! Karena sebelum kamu gunakan kamu harus membuat rencana anggaran belanja dulu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memulai mendaftar apa saja pembayaran rutin yang kamu keluarkan untuk setiap bulannya, seperti kebutuhan pokok, makanan hingga dana untuk hiburan.

Dengan mendaftar pengeluaran tersebut kamu menjadi lebih memahami kemana saja uang yang kamu keluarkan selama ini. Kamu bisa menggunakan aplikasi di gawai kamu kalau merasa dirimu kurang rapi dalam membuat anggaran dan supaya catatan pengeluaran tersebut bisa kamu bawa kemana pun.

Ingat ya Beauty, buatlah anggaran yang realistis dan yang memang sesuai dengan pola hidup kamu supaya kamu enggak menyesal dikemudian hari.

Membuat Skala Prioritas Pengeluaran

Kalau kamu sudah membuat rencana anggaran pengeluaran, tahap kedua kamu bisa membuat skala prioritas pengeluaran. Hal ini dilakukan agar kamu bisa tahu batas pengeluaran yang harus kamu keluarkan setiap bulannya. Supaya pengeluaran tersebut enggak melewati batasnya kamu bisa melihat lagi dari daftar anggaran yang sudah kamu buat dan bisa menghapus beberapa biaya yang enggak penting.

Kamu juga harus melihat pengeluaran apa saja yang membuat gaji kamu cepat habis. Kalau sudah memahaminya kamu bisa memulai untuk menekan biaya yang sebenarnya enggak perlu-perlu banget kamu keluarkan, seperti jajan kopi atau belanja barang mahal.

Memiliki Dua Rekening

Lalu cara yang terakhir untuk mengatur gaji kamu adalah dengan memiliki dua rekening bank dan membagi uang ke dalam dua rekening tersebut. untuk rekening pertama kamu bisa gunakan untuk penerimaan gaji dan pembayaran tagihan serta urusan lainnya, sedangkan untuk rekening kedua kamu bisa gunakan untuk menabung uang gajimu. Usahakan untuk selalu mensisihkan uang gaji kamu untuk menabung atau untuk belanja.

Untuk rekening yang pertama pastikan bank yang kamu gunakan adalah bank yang sesuai dengan paroll dari kantormu agar setiap transaksi yang kamu gunakan melalui rekening itu kamu enggak terkena biaya tambahan apapun lagi. Lalu, untuk rekening yang kedua usahakan untuk menggunakan bank yang memiliki biaya administrasi yang rendah. Supaya kamu enggak mudah terpancing untuk mengambil uang dari rekening tersebut.

Selamat mencoba ya, Beauty!