Menu

Perlukah Minum Obat Tidur Saat Insomnia? Kenali Lebih Lanjut Dampak Minum Obat Tidur

01 Maret 2022 22:50 WIB
Perlukah Minum Obat Tidur Saat Insomnia? Kenali Lebih Lanjut Dampak Minum Obat Tidur

Ilustrasi pil. (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Tak sedikit orang yang mengalami insomnia atau susah tidur. Kondisi ini biasany dipicu oleh ebberapa faktor, slaah satunya yaitu banyak pikiran atau stres. Nah, seringkali obat tidur menjadi solusi bagi beberapa orang yang memiliki masalah tidur, termasuk insomnia.

Namun, tahukah kamu bahwa mengonsumsi obat tidur justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan hingga menyebabkan kematian? Berikut 3 efek samping terlalu sering mengonsumsi obat tidur.

1. Meningkatkan risiko kematian

Mengonsumsi obat tidur harus disertai resep dan konsultasi dengan dokter. Sebab, dosis berlebih bisa menimbulkan tekanan pada sistem pernafasan hingga meningkatkan resiko kematian.

2. Menyebabkan gangguan tidur 

Sering mengonsumsi obat tidur juga dapat menimbulkan berbagai macam gangguan tidur, seperti mengigau dan tidur sambil berjalan. Tak hanya itu, mengonsumsi obat tidur berlebih juga dapat memperburuk kualitas tidur.

Baca Juga: Dijamin Segar Pas Bangun, Ini 6 Tips yang Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak! Sudah Pernah Coba yang Mana?

Baca Juga: 5 Makanan yang Bantu Tidur Lebih Nyenyak, Bye Insomnia!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari