Beauty, siapa sih yang tak doyan sama makanan instan satu ini? Rasanya yang gurih dan enak membuat kamu ketagihan dan merasa satu bungkus itu tak cukup. Mungkin bisa jadi karena ketagihan, dalam seminggu kamu mengonsumsinya lebih dari sekali ataupun setiap hari. Eitss, tapi jangan senang dulu. Sebenernya hal tersebut enggak baik lho, Beauty! Kalau kita konsumsi setiap hari.

Untuk itu, harus berapa kali ya makan mi instan dalam sebulan? Menurut Profesor dari Harvard dan ahli diet Mount Elizabeth Hospital berikut penjelasannya:

Mengonsumsi mi instan 1-2 kali sebulan

Dilansir The Strait Times, Kamis (16/7/2020) menurut ahli diet Mount Elizabeth Hospital Seow Vi Vien mengatakan bahwa batas aman untuk mengonsumsi mi instan dalam seminggu adalah 1 sampai 2 kali saja.

Tapi, menurut Dr. Frank B. Hu, profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard merekomendasikan kalau mengonsumsi mi instan 1 sampai 2 kali dalam sebulan. Menurutnya juga, memakan mi instan beberapa kali dalam seminggu mampu menimbulkan masalah kesehatan. Lalu apa saja masalah kesehatan itu?

Dampak makan mi pada kesehatan

Menurut Vien, mi instan mengandung banyak lemak, lemak jenuh, dan natrium. Sedangkan protein, vitamin, dan mineral hanya sedikit adanya pada mi instan. Sebungkus mi instan dengan bumbunya mengandung 1.700 miligram natrium. Di mana jumlah tersebut, 85 persen lebih banyak dari rekomendasi asupan natrium harian.

Selain itu, konsumsi garam atau natrium yang berlebihan mampu terkena risiko stroke dan darah tinggi. Jika kamu mengonsumsi mi instan setiap hari, tentu akan mengalami kekurangan gizi setiap harinya lho Beauty. Itu sebabnya, kamu enggak akan mendapat nutrisi baik, seperti protein, vitamin, dan mineral.

Lebih berisiko pada kesehatan wanita

Nah, hati-hati lho! Mi instan cenderung berpengaruh pada kesehatan wanita daripada pria. Sebab efek kesehatan tersebut terlihat pada wanita yang mungkin karena mereka lebih sensitif terhadap diet karbohidrat, natrium, dan lemak jenuh. Sehingga wanita lebih rentan terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke yang cukup besar daripada pria.