Di masa pandemi, berbagai macam penyakit jadi mudah menyerang tubuh manusia. Bukan hanya virus corona, tetapi banyak penyakit lain yang bisa membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga imunitas tubuh. Salah satu caranya dengan melakukan vaksin.

Nah, ternyata vaksin enggak hanya dibutuhkan bagi anak-anak lho. Orang dewasa juga membutuhkan vaksin untuk mencegah terpapar penyakit. Vaksin umum yang dilakukan oleh orang dewasa, seperti vaksin influenza, HPV, hingga pneumonia.

“Pada masa pandemi, upaya preventif untuk menjaga kesehatan diri sangat penting. Tentu orang dewasa juga butuh vaksin supaya nggak gampang terserang penyakit, utamanya penyakit-penyakit yang ampuh dicegah  dengan  vaksin  yang  sudah  tersedia," jelas dr. Dara Ayuningtyas selaku Head of Medical and Training ZAP Clinic saat ZAP Media Virtual Meet Up, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: Waduh, WHO Sebut Vaksin Corona Tak Akan Siap hingga Akhir Tahun Ini

Baca Juga: Kabarnya Siap Produksi Tahun Depan, Ilmuwan Ini Justru Ragu Vaksin Corona Akan Bekerja Optimal

"Kesehatan  orang  dewasa  sangat  krusial  bagi  keluarga, karena mereka harus terus bekerja hingga mengurus anak. Tentu peran vaksin ampuh untuk membantu dam enjaga imunitas orang dewasa,” sambungnya.

Selain itu, dr. Dara juga mengatakan bahwa kesadaran masyarakat mengenai kesehatan di tengah pandemi virus corona jadi semakin meningkat. Jadi, jangan hanya berfokus pada infeksi corona, tetapi juga lakukan vaksin untuk mencegah penyakit lain yang bisa memapari tubuh.