Di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini masyarakat jadi lebih memperhatikan kesehatannya. Namun, kebanyakan orang hanya menghindari diri dari infeksi virus corona. Padahal ada berbagai macam penyakit yang juga berisiko memapari kesehatan manusia. Salah satunya adalah flu atau influenza.

Kerap kali disepelekan, padahal penyakit flu mirip dengan penyakit COVID-19 yang membuat dunia kini berstatus pandemi. Flu juga bisa menyebabkan kematian jika tak ditangani dengan serius.

"Influenza sering kali dianggap sepele. Padahal, influenza ini juga punya kesamaan dengan COVID-19, yaitu sama-sama menyerang saluran napas dan menimbulkan komplikasi seperti pneumonia hingga kematian," ujar dr. Dara Ayuningtyas selaku Head of Medical and Training ZAP Clinic saat ZAP Media Virtual Meet Up, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: Waduh, WHO Sebut Vaksin Corona Tak Akan Siap hingga Akhir Tahun Ini

Baca Juga: Bolehkah Berolahraga Saat Sakit?

"Flu bisa menyebabkan komplikasi seperti pneumonia, sinusitis, radang telinga tengah, radang otot jantung, radang otak, bahkan hingga kematian," sambungnya.

dr. Dara juga membeberkan bahwa ada 100.000 kuman dengan kecepata 100 mil per jam yang menyebar saat sekali bersin. Enggak hanya itu, virus yang keluar saat bersin bisa bertahan hidup di permukaan hingga 24 jam.

Oleh sebab itu, dr. Dara menyarankan untuk rutin melakukan vaksin influenza setiap satu tahun sekali. Vaksin berguna untuk meringankan gejala suatu penyakit.

"Saat sudah vaksin, kemungkinan terkena penyakit tersebut tetap ada. Tapi, biasanya gejala yang timbul itu enggak akan parah dibandingkan kita enggak vaksin. Misalnya kayak flu, kalau kita sudah vaksin biasanya kita enggak akan separah yang enggak vaksin, kayak misalnya menggigil, meler hidungnya, enggak separah itu," jelasnya.

Baca Juga: Kabarnya Siap Produksi Tahun Depan, Ilmuwan Ini Justru Ragu Vaksin Corona Akan Bekerja Optimal

Baca Juga: Kabar Bahagia! Vaksin Corona dari Cina Tiba di Indonesia dan Siap Uji Klinis Fase Tiga