Beauty, kabar duka datang dari dunia hiburan. Komedian kenamaan Omas meninggal dunia pada Kamis (16/7/2020) malam. Kabarnya Omas meninggal karena mengidap penyakit diabetes atau biasa disebut penyakit gula.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, untuk menghindari diri dari penyakit diabetes perlu melakukan pencegahan.

Sangat penting untuk menjadikan langkah pencegahan diabetes sebagai prioritas jika kamu memiliki risiko yang lebih tinggi, seperti memiliki berat badan berlebih atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes. Dilansir dari Mayo Clinic (17/7/2020) berikut 3 cara untuk mencegah penyakit diabetes berdasarkan American Diabetes Association:

Baca Juga: Begini Lho Cara Jitu Kurangi Kadar Gula Darah, Bisa Cegah Diabetes!

Baca Juga: Ingin Sembuh dari Diabetes Tanpa Obat? Coba Turunkan Berat Badanmu!

1. Olahraga

Jika ingin cegah diabetes, kamu harus mulai rajin berolahraga. Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin berolahraga secara teratur. Olahraga dapat membatu untuk menurunkan berat badan, turunkan gula darah, tingkatkan sensitivitas terhadap insulin yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dan pelatihan resistensi dapat membantu mengendalikan diabetes. Manfaat terbesar datang dari program kebugaran yang mencakup keduanya.

2. Konsumsi Banyak Serat

Selain rutin olahraga, untuk menghindari diri dari diabetes juga bisa kamu lakukan dengan konsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Diketahui bahwa serat dapat membantu untuk kurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah,    dan menurunkan berat badan. Makanan tinggi serat termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Jaga Berat Badan

Jika ingin mencegah penyakit diabetes, penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Pasalnya jika memiliki kelebihan berat badan, itu akan berisiko tinggi untuk terserang diabetes.

Baca Juga: Penderita Diabetes Merapat! Ini 5 Cemilan Sehat untuk Kamu, Bisa Dicoba Nih!

Baca Juga: Benarkah Kopi Bisa Lindung Tubuh dari Penyakit Diabetes? Ini Jawaban Ahli

Salah satu penelitian besar menyebat bahwa jika berhasil menghilangkan berat badan sekitar 7 persen dari berat badan awal dengan berolahraga secara teratur mengurangi risiko terkena diabetes hingga hampir 60 persen.