Diabetes memang jadi salah satu penyakit yang mengintai kesehatan manusia. Kerap dianggap remeh, padahal banyak masyarakat Indonesia yang mengidap penyakit diabetes. Berdasarkan data di tahun 2016, persentase kematian akibat diabetes mencapai 6,7% lho.

Untuk itu penting dilakukan langkah pencegahan agar tubuh bebas dari penyakit diabetes. Salah satu caranya dengan mengonsumsi kopi. Kenapa begitu?

Baru-baru ini ditemukan bahwa komponen tertentu dalam kopi bisa melindungi tubuh terhadap diabetes tipe 2. Dalam studi terbaru, yang diterbitkan dalam American Chemical Society's Journal of Natural Products, para peneliti mengidentifikasi dua senyawa dalam kopi yang dianggap membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Begini Lho Cara Jitu Kurangi Kadar Gula Darah, Bisa Cegah Diabetes!

Baca Juga: Ingin Sembuh dari Diabetes Tanpa Obat? Coba Turunkan Berat Badanmu!

Hubungan antara minum kopi dan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 telah ditemukan sebelumnya, meskipun para ilmuwan tidak yakin mengapa hubungan itu ada. Sementara ada beberapa spekulasi bahwa kafein dalam kopi mungkin memiliki peran, data lain menunjukkan bahwa orang mendapat manfaat bahkan jika mereka minum kopi tanpa kafein.

Dalam studi baru, para peneliti dari Aarhus University Hospital di Denmark menguji beberapa komponen kopi dalam sel tubuh tikus. Para peneliti menemukan dua komponen yang muncul untuk memerangi gejala diabetes, yaitu Cafestol dan asam caffeic, yang ditemukan dalam kopi berkafein dan kopi tanpa kafein.

Ketika seseorang menderita diabetes, dia menjadi resisten terhadap insulin. Kadar gula darah yang tidak diatur juga menjadi ciri penyakit ini. Para peneliti menemukan bahwa cafestol meningkatkan asupan gula darah dalam sel dan bahwa cafestol dan asam caffeic meningkatkan sekresi insulin.

Karena penelitian dilakukan dalam sel tikus, masih belum dikonfirmasi apakah kopi memang bisa mencegah risiko penyakit diabetes. Selain itu, para peneliti berpendapat bahwa kemungkinan komponen lain juga ikut berperan dalam menurunkan kadar gula darah. Bagaimanapun, kopi adalah minuman yang sangat kompleks dengan ratusan senyawa berbeda.

Baca Juga: Penderita Diabetes Merapat! Ini 5 Cemilan Sehat untuk Kamu, Bisa Dicoba Nih!

Baca Juga: Catat Ya! Ini 3 Cara Cegah Diabetes, Penyakit yang Diidap Omas hingga Wafat