Beauty, ketika kita hamil kita mengalami peningkatan hormone di dalam diri kita, yang membuat kita ingin menginginkan banyak hal atau yang biasa dikenal dengan istilah ngidam. Namun, enggak semua ngidam atau hal-hal yang kita inginkan boleh dilakukan lho! Meskipun sudah dilakukan sebelum hamil.

Beberapa bahan akitf berikut ini sangat enggak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil karena bisa memengaruhi kesehatan janin di dalam perut. Meskipun beberapa produk mengatakan bahwa aman untuk ibu hamil tetapi kamu tetap harus menghindari beberapa produk di bawah ini.

Berikut ini produk yang harus dihindari ketika sedang hamil!

Retinoid

Baca Juga: Gak Semuanya Aman, Jenis Ikan Ini Sebaiknya Dihindari saat Hamil! Bisa Rusak Perkembangan Otak Bayi Lho

Retinoid merupakan bahan yang dikenal cukup aktif. Umumnya bahan ini bisa ditemukan pada produk-produk anti-aging serta treatment untuk mengatasi masalah jerawat serta menjaga kulit yang mengalam hiperpigmentasi. Meski memiliki banyak manfaat, bahan ini merupakan bahan skincare yang harus dihindari oleh ibu hamil. Karena jika menggunakan vitamin A dengan dosis tinggi maka akan berbahaya untuk kesehatan janin. Apabila bahan ini dikonsumsi dengan cara oral maka bisa menyebabkan kegagalan janin.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas