Hallo, Beauty! Kamu sukamengunyah batu es? Meskipun enggak ada rasanya, terkadang beberapa orang senang mengunyah batu es karena sensasinya ketika mengunyah. Es bisa didapatkan hanya dengan membekukan air saja di dalam freezer. Namun ternyata kebiasaan mengunyah batu es ini memiliki dampak yang enggak baik untuk kesehatan!

Berikut ini 5 dampak yang akan disebabkan jika kamu sering mengunyah batu es!

Adanya Gangguan Kesehatan

Baca Juga: Ternyata Minum Teh di Pagi Hari itu Nggak Baik Lho untuk Kesehatan, Kenapa Ya?

Baca Juga: Cuaca Makin Dingin di Tengah Pandemi? Begini Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat!

Kalau kamu suka mengunyah batu es, maka harus segera mengkonsulitasikan kesehatanmu kepada dokter ya, Beauty karena bisa jadi kamu sedang mengalami gangguan kesehatan. Salah satu penyakit yang biasa terjadi adalah pagophagia yang merupakan istilah untuk orang yang membutuhkan batu es secara terus menerus. Keinginan kamu untuk terus mengonsumsi es batu bisa bertahan dan berlangsung selama lebih dari satu bulan lamanya. Lalu, selain pagophagia, kamu juga bisa jadi mengalami dehidrasi ringan yang akan membuat kamu senang memakan es batu.

Kerusakan Gigi

Terlalu sering mengunyah es batu juga bisa merusak kesehatan gigi kamu yaitu pada bagian enamel gigi atau yang merupakan bagiann terkuat pada gigi. Jika bagian gigi ini rusak maka akan membuat gigi kamu mudah rapuh, berlubang dan mudah merasa ngilu ketika sedang memakan sesuatu.

Brain Freeze

Baca Juga: Puasa Skincare? Jangan Sembarangan Ikut Tren!

Baca Juga: Keracunan Arsenik karena Makanan? Ini Penjelasan Medis!

Brain freeze merupakan sebuah istilah untuk kondisi di mana otak kita merasa seperti membeku karena rasa dingin. Kita akan merasakan seakan-akan otak kita sedang membeku yang akibatnya bisa membuat pembuluh darah di kepala kita bisa menyempit secara tiba-tiba. Ini adalah alasan penyebab munculnya sakit kepala yang terus menerus.

Anemia Defisiensi Besi

Selanjutnya, mengunyah es batu bisa menyebabkan kamu terkena anemia defisiensi besi atau ADB yang merupakan kondisi ketika seseorang sedang mengalami defisiensi nutrient akibat kurang zat besi. Jika ini terjadi pada kamu maka sangat diwajibkan untuk kamu supaya mengonsumsi zat besi yang cukup untuk tubuhmu.

Menganggu Pencernaan

Jika kamu mengunyah es batu yang biasa dihidangkan pada rumah makan atau warung di pinggir jalan maka kamu enggak bisa memastikan kebersihan dari es batu tersebut. Hal ini yang akhirnya bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada tubuhmu atau diare. Jadi lebih baik hindari kebiasaan mengunyah es batu yang enggak terjamin kebersihannya ya, Beauty!