Olahraga merupakan salah satu aktivitas wajib untuk menyehatkan badan. Selain untuk menyehatkan badan, banyak wanita juga melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan.

Banyak jenis olahraga yang tersedia, mulai dari olahraga ringan dengan jalan kaki hingga olahraga berat, seperti angkat beban. Tapi, sebenarnya olahraga apa sih yang terbaik untuk wanita?

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise telah menemukan bahwa olahraga latihan kekuatan bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular secara signifikan bagi para wanita.

Baca Juga: Menjadi Instruktur Zumba untuk Melewati Masa Sulit, Denada: Merupakan Pilihan Tepat Bagi Saya!

Baca Juga: Kamu Sering Berolahraga dalam Keadaan Perut Kosong? Kira-Kira Boleh Nggak Ya Kayak Gitu?

Para peneliti memeriksa kuesioner dari hampir 36.000 wanita berusia antara 47 dan 98 tahun. Kuesioner ini terdiri dari tahun 2000 hingga 2014. Dalam kuesioner ini bertanya tentang tingkat kesehatan dan olahraga para peserta. Salah satu pertanyaan menanyakan seberapa sering latihan angkat berat / kekuatan yang dilakukan setiap minggu dalam satu tahun terakhir.

Para peneliti juga melacak wanita mana yang menderita diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke. Hasilnya peneliti menemukan bahwa wanita yang gemar olahraga latihan kekuatan 30 persen lebih rendah terkena risiko penyakit diabetes, sedangkan 17 persen lebih rendah untuk terkena penyakit jantung.

“Wanita yang melakukan olahraga latihan kekuatan memiliki BMI (indeks masa tubuh) lebih rendah. Mereka akan lebih mungkin untuk terlibat dalam pola diet sehat, dan lebih kecil kemungkinannya menjadi perokok saat ini dibandingkan dengan wanita yang tak melakukan olahraga kekuatan," kata penulis penelitian.