Setiap wanita tentu menginginkan tampilan kulit yang mulus bebas masalah. Tak hanya itu, kulit juga harus terlihat kencang dan tak memiliki kerutan. Faktanya seiring bertambahnya usia, kulit tentu akan mengalami pengenduran.

Padahal penuaan kulit terjadi bukan hanya karena bertambahnya usia, tetapi juga karena beberapa kebiasaan yang sering dianggap remeh. Salah satu kebiasaan buruk tersebut adalah waktu tidur yang kurang.

Sering dianggap remeh, memiliki waktu tidur yang cukup sangat mempengaruhi kesehatan kulit lho. Untuk mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, kamu bisa coba untuk membuat pola tidurmu jadi lebih teratur.

Baca Juga: Jangan Konsumsi Banyak Gula! Bisa Buat Kulit Cepat Menua Lho

Melansir laman Medical Daily (19/7/2020) dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology, para peneliti memeriksa efek kualitas waktu tidur dengan penuaan kulit. Partisipan dalam penelitian ini adalah 60 wanita pra-menopause yang berusia antara 30 dan 49 tahun. Setengah dari partisipan memiliki pola tidur yang buruk dan setengah lainnya memiliki pola tidur yang baik.

Dalam penelitian ini kulit para partisipan dievaluasi untuk membangun korelasi antara kualitas tidur yang buruk dan penuaan kulit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang-orang yang waktu tidurnya berkualitas buruk memiliki tanda-tanda penuaan kulit yang lebih terlihat, seperti keriput dan kendur.

Semakin sedikit waktu tidurmu, semakin cepat kulit menua. Jika tak ingin tampilan kulit yang menua, coba mulai atur pola tidurmu yuk!