Menu

Viral! Seleb Indonesia & Brand Lokal Ramai Dituding Bodohi Publik Soal Paris Fashion Week

08 Maret 2022 22:57 WIB
Viral! Seleb Indonesia & Brand Lokal Ramai Dituding Bodohi Publik Soal Paris Fashion Week

Antusias media Paris dan influencer Paris saat kegiatan berlangsung di Store Gekrafs.

HerStory, Jakarta —

Heboh menjadi perbincangan di media sosial terkait kegiatan beberapa seleb tanah air dan brand buatan Indonesia yang berbondong-bondong hijrah ke Paris dan melakukan kegiatan promosi di negara yang identik dengan Menara Eiffel tersebut.

Penyebutan Paris Fashion Week sendiri menjadi perdebatan, bahkan para seleb Indonesia juga dituding memberikan informasi yang keliru atau 'misleading'.

Menanggapi isu yang menghebohkan tersebut, Ifan Seventeen mewakili Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) mengatakan ada kesalahpahaman informasi soal anggapan selebriti tanah air yang ikut Paris Fashion Week (PFW) 2022.

Ifan menegaskan brand-brand lokal yang diberangkatkan ke Paris bukan berpartisipasi di ajang PFW 2022 yang resmi diselenggarakan Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM).

Ia juga menyebutkan para brand lokal yang datang ke Paris tersebut hanya meramaikan gelaran Paris Fashion Week di sekitar lokasi tersebut yang di sekitarnya juga banyak digelar event fashion show dan trunk show lainnya.

Berikut beberapa poin yang dijelaskan Ifan Seventeen terkait kegiatan beberapa brand dan seleb Indonesia yang hijrah ke Paris.

1. Gekrafs dari awal sudah clear tidak menggunakan Gekrafs Paris Fashion Week. Tapi Gekrafs Paris Fashion Show 2022, karena tahu kami tidak terafiliasi FHCM.

2. Penyebutan nama Paris Fashion Week boleh karena itu pekan fashion di Paris. Yang tidak boleh menggunakan logo FHCM dan menyebutkan kita on schedule FHCM.

3. Yang hadir di sana bukan hanya KOL (Key Opinion Leader) dari Indonesia yang kami anggap bisa membantu publikasi brand (dan terbukti) tapi juga media Paris - Eropa, KOL Paris dll.

4. Rangkaian acara di Paris sendiri kami juga ada kolaborasi garansi di mana bajunya di-highlight media luar, dipakai oleh influencer Paris, dipakai runway, dll.

5. Gekrafs temporary store hadir 10 hari untuk menjadi pop up B to C dan B to B dan media yang ingin foto produk Indonesia yang ikut ke Paris.

6. Syarat masuk FHCM ini bukan hal mudah dan diperlukan kurasi yang ekstra karena disyaratkan konsitensi berkarir di Paris minimal dua tahun. Dan FHCM sendiri memprioritaskan brand Paris itu sendiri.

7. Untuk pemilihan brand sendiri, dari Gekrafs memilih delapan brand yang bervariasi karena background produksi yang mumpuni, karakteristik yang tepat untuk pasar Eropa dan Afrika. Karena ada tujuan membuka B to B sehingga background produksi sangat diperlukan untuk mendukung itu.

8. Gekrafs sadar banyak yang memanfaatkan momen ini, tetapi kegiatan di luar dan brief Gekrafs di luar kekuasaan kami.

Terakhir, Ifan Seventeen juga menegaskan bahwa pihak Gekrafs sudah memberikan edukasi pada brand-brand lokal soal penyebutan Paris Fashion Week tersebut.

Lalu, siapa sajakah seleb Indonesia yang turut berbondong-bondong ke Paris? Yuk kepoin, di antaranya SCARLETT x IKYK, Greenlight x Danjyo Hiyoji, 3 second x Ican Harem, La sabelle x Em En Hair Design, Brand no brand, Yanti Adeni x Ayam Geprek Bensu, Shademulsk, Shade Signature, Deskranasda Banjar Baru, dan Chayra by Tika Ramlan.

View this post on Instagram

A post shared by Scarlett By Felicya Angelista (@scarlett_whitening)

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Yolanda Bonnita

Artikel Pilihan