Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Bukan hanya dengan mengonsumsi makanan sehati, seperti sayur dan buah, tetapi perlu diimbangi dengan aktivitas fisik seperti olahraga.

Bicara mengenai olahraga mungkin terdengar mudah dilakukan. Namun, banyak orang yang malas untuk berolahraga. Salah satunya dengan alasan bosan atau kesepian. Oleh sebab itu, kamu bisa coba untuk olahraga bersama pasangan. Tapi apakah itu benar-benar bermanfaat?

Olahraga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, termasuk pengurangan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, kanker, dan obesitas, serta pengurangan tingkat kecemasan dan stres. Melansir laman Medical Daily (20/7/2020) ada penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Social Sciences menguji bagaimana perbandingan sosial dapat mempengaruhi tingkat aktivitas dan suasana hati seseorang selama rutinitas latihan dengan pasangan.

Baca Juga: Menjadi Instruktur Zumba untuk Melewati Masa Sulit, Denada: Merupakan Pilihan Tepat Bagi Saya!

Baca Juga: Kamu Sering Berolahraga dalam Keadaan Perut Kosong? Kira-Kira Boleh Nggak Ya Kayak Gitu?

Penelitian ini melibatkan 91 mahasiswa di Santa Clara University. Para peserta ditugaskan secara acak melakukan olahraga bersepeda sendirian dan bersepeda dengan pasangan. Semua peserta diinstruksikan untuk menyelesaikan 20 menit latihan pada 60-70 persen dari denyut jantung target maksimum.

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa olahraga bersama pasangan akan mendapatkan manfaat kesehatan, namun itu terjadi jika dalam kondisi suasana hati yang sedang baik. Jika suasana hati sedang bermasalah, olahraga bersama pasangan pun tak menimbulkan perbedaan yang signifikan dengan olahraga seorang diri.