Beauty, apakah kamu termasuk wanita yang suka mencium wangi pakaian atau baju pasangan kamu? Bisa dibilang, banyak wanita yang suka menciumi bau pakaian milik pasangan. Selain merasa nyaman dan tenang, mencium aroma baju pasangan juga mampu mengurangi stresĀ lho. Hal ini bisa dibuktikan secara ilmiah.

Dilansir dari lamanĀ Bustle, Senin (20/7/2020) salah satu studi dilakukan oleh departemen psikologi di University of British Columbia berhasil mengungkapkan fakta jawabannya. Studi yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology menjelaskan kalau bau pakaian atau wangi baju pakaian pasangan mampu mengurangi rasa stres pada wanita.

Eitss, enggak hanya itu saja, Bau wangi pakaian pasangan juga membantu kamu mengurangi rasa kecemasan dan kesepian yang kamu alami seperti masa pandemi ini.

Baca Juga: Katanya...Ini 5 Ciri-Ciri Wanita yang Sudah Siap Menikah, Kamu Sudah Mulai Merasakan?

Baca Juga: Gak Perlu Nethink! Ini 4 Alasan Kenapa Si Doi Gak Balas Chat, Mungkin...

Studi tersebut, peneliti menyiapkan kaus yang digunakan selama 24 jam oleh pasangan. Setelah itu, setiap kaus dibekukan supaya aroma yang menempel tetap ada dan terjaga. Kemudian, 96 wanita yang ikut berkontribusi diminta untuk mencium aroma secara acak. Ada yang diminta mencium baju habis digunakan pasangannya, ada juga yang mencium baju orang lain dan baju yang belum digunakan.

Lalu, para wanita yang ikut berkontribusi ini diminta melakukan aktivitas yang membuat mereka stres, seperti kerja dan sebagainya. Setelah sudah, peneliti akan mengukur kadar hormon stres atau kortisol bagi tiap peserta. Hasilnya pun sangat mengejutkan, wanita yang merasa lebih tenang duluan adalah wanita yang mencium aroma baju pasangannya.

Enggak hanya itu saja, hal ini hanya berlaku bagi wanita yang mencium aroma baju pasangannya. "Survei mengatakan bahwa wanita yang memiliki daya penciuman lebih baik, dan pria lebih terstimulasi secara visual. Maka dari itu, pria bisa mengurangi stres cukup melihat baju pasangan" jelas PSikolog Peter Klein.

Baca Juga: Dear Pengantin Baru... Ada Pesan Penting Nih Buat Kamu untuk Malam Pertama Pernikahan

Baca Juga: Biar Makin Langgeng, Ini 10 Tips Atasi Rasa Bosan dalam Rumah Tangga

"Seberapa dekat seorang wanita dengan pasangan juga berpengaruh. Makin bahagia seorang wanita dengan hubungan yang ada, maka makin nyaman pula bau baju pasangannya." lanjutnya.

Hal ini membantu pasangan yang harus berpisah karena bekerja diluar kota atau seperti masa pandemi seperti ini. Cukup membawa pakaian yang pernah dipakai pasangan, maka kamu bisa meredakan stres yang kamu rasakan selama ini.

Semoga bermanfaat ya!