Menu

Hari Perempuan Sedunia: Voice of Baceprot Mendobrak Stigma Gender Lewat Musik Metal, Keren!

09 Maret 2022 19:38 WIB
Hari Perempuan Sedunia: Voice of Baceprot Mendobrak Stigma Gender Lewat Musik Metal, Keren!

Voice of Baceprot. (Istimewa/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Dalam semangat Hari Perempuan Internasional, grup musik metal wanita asal Garut, Voice of Baceprot (VoB) merilis single baru berjudul "Not Public Property" yang bertema tentang pergerakan perempuan.

Fyi Beauty, VoB merupakan band metal asal Indonesia yang sukses membanggakan Indonesia di kancah Internasional. VoB mengumumkan Tur Eropa pada 2021 dalam tajuk “Fight Dream Believe” yang diselenggarakan di 4 negara dan 8 kota.

"Kami sempat bawakan lagu itu saat tur. Lagu ini menjadi sangat penting, bukan hanya untuk kami, tapi juga bagi seluruh perempuan yang kerap mendapatkan perlakuan nggak adil; hanya karena mereka menjadi seorang perempuan. Kami berharap ini bisa memantik perempuan untuk lebih menyalakan keberanian," tutur vokalis dan gitaris VoB, Marsya, saat acara virtual bersama Google, sebagaimana dipantau HerStory, baru-baru ini.

Terkait stereotip dan perlakuan diskriminasi terhadap perempuan, Marsya pun tak menampik bahwa ia dan 2 rekannya yang lain, Rahmawati (bass), dan Euis Sitti Aisyah (drum), pernah mengalaminya. Terutama, terkait hijab yang mereka kenakan dengan genre musik yang mereka bawakan yakni, metal.

“Kita pernah disuruh untuk berhenti bermusik karena mereka mikir kita kurang cocok main musik yang keras dengan penampilan berhijab. Orang-orang menyarankan kalau nggak berhenti musiknya ya sudah lepas hijabnya,” beber Marsya.

“Padahal,kami berniat memberikan hal-hal baik seperti kesetaraan gender. Kami percaya musik, termasuk musik metal, ada bahasa dan pesannya sendiri," tutur Marsya.

Selain itu, kata Marsya, ada pula yang menyarankan agar seluruh personel VoB fokus di rumah.Bahkan menurutnya, VoB pernah disangka menyebarkan pengaruh buruk di lingkungan tempat mereka tinggal.

"Hal-hal semacam itu sudah jadi makanan sehari-hari kita,”ujarnya.

Baca Juga: Kenapa 8 Maret Diperingati Sebagai Hari Perempuan Internasional?

Baca Juga: Ikut Buka Suara dalam Women's March 2020, Hannah Al Rashid: Lokasi Syuting yang Paling Ideal? No Laki-laki yang Tangannya Kemana-Mana!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.