Beauty, masih banyak orang yang beranggapan kalau terkena diabetes tandanya tak bisa ngemil makanan lagi, seperti snack dan lainnya. Tapi tentu saja pernyataan tersebut salah ya! Untuk kamu yang menderita penyakit diabetes tentu saja masih bisa ngemil. Tapi perlu diingat, kalau cemilan yang kamu pilih harus tepat dan sesuai rekomendasi dokter.

Jangan sampai kamu sembarangan dalam memilih makanan karena kamu lapar dan enggak tahan untuk makan. Justru hal seperti itu, malah membuat gula darah kamu tinggi. Merangkum dari berbagai sumber, Senin (20/7/2020) lima makanan ini cocok untuk penderita diabetes. Berikut diantaranya:

Buah-buahan

Nah, cemilan yang pertama ada buah-buahan. Buah memang pilihan yang tepat dan bagus untuk para penderita diabetes. Selain rasanya yang enak dan segar, buah juga kaya akan vitamin bagus untuk tubuh. Namun, kamu juga harus memastikan kalau buah tersebut cocok untuk kamu konsumsi ya. Karena beberapa dari buah ada yang mengandung kadar gula yang tinggi dan enggak baik untuk para penderita diabetes.

Baca Juga: Begini Lho Cara Jitu Kurangi Kadar Gula Darah, Bisa Cegah Diabetes!

Baca Juga: Diet di Masa Pandemi? Jaga 3 Hal Ini Supaya Tetap Sehat!

Kamu bisa memakan buah-buahan dengan porsi yang cukup, seperti satu buah pisang, sepotong apel ber-ukuran sedang, atau buah yang mengandung kadar gula yang rendah.

Popcorn

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa popcorn termasuk cemilan yang sehat bagi penderita diabetes. Eits asal kamu tahu, popcorn itu mengandung cukup serat dan rendah kalori lho, sehingga popcorn menjadi cemilan atau snack yang cocok untuk penderita diabetes.

Tentu saja popcornnya yang tak ada rasanya ya. Enggak memerlukan tambahan penyedap rasa, seperti mentega, garam, dan gula. Jika masih tetap ingin menggunakan rasa, lebih baik menggunakan rempah-rempah bubuk yang bagus untuk penderita diabetes.

Kacang almond

Urutan ketiga, ada kacang almond. Bisa dibilang, kacang almond memiliki banyak manfaatnya lho. Karena kacang almond mengandung mineral mangan, protein, magnesium, lemak segar, serat dan vitamin B. Tentu saja sudah menjadi paket lengkap bagi para penderita diabetes. 

Baca Juga: Ingin Sembuh dari Diabetes Tanpa Obat? Coba Turunkan Berat Badanmu!

Baca Juga: Catat Ya! Ini 3 Cara Cegah Diabetes, Penyakit yang Diidap Omas hingga Wafat

Menurut salah satu studi dalam Journal Metabolic Syndrome and Related Disorders, kacang almond memiliki potensi yang besar untuk menjaga gula darah. Selain itu, kacang almond juga punya manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

Telur rebus

Telur rebus bisa nih dijadikan cemilan untuk kamu yang menderita diabetes. Sebab, selain mudah untuk didapatkan, gizi dalam kandungan telur rebus sudah pasti jos! 

Telur rebus mengandung biotin dan asam lemak omega 3 yang mampu mencegah peradangan dan berbagai komplikasi akibat diabetes. Selain itu, telur rebus juga berfungsi memperlambat penyerapan glukosa sekaligus mengurangi hawa nafsu makan yang berlebih. 

Yoghurt

Yang terakhir, ada cemilan yoghurt. Siapa sih yang tak suka sama makanan ini. Selain rasanya yang asam dan manis, cemilan ini juga cocok untuk para penderita diabetes lho. Rasa asam yang terkandung pada yoghurt mampu memberikan protein dan probiotik baik untuk penderita diabetes.

Semoga bermanfaat ya!